Webinar Edukasi Safety Riding Dengan SMK N 2 Pontianak Bahaya Di Jalan Dapat Diatasi Dengan #Cari_Aman

Pada hari Jumat kemarin tepatnya 24 September 2020 Astra Motor Kalimantan Barat melakukan edukasi safety riding dengan tema Bahaya Di Jalan Dapat Diatasi Dengan #Cari_Aman dengan target peserta soswa/i SMK N 2 Pontianak. Edukasi yang berjalan secara webinar melalui aplikasi google meet ini, dalam edukasinya honda kalbar bersama siswa/i SMK N 2 Pontianak menciptakan suasana edukasi menjadi aktif dan tidak membosankan dengan banyaknya pertanyaan dari peserta dan kuis menarik.

Webinar Edukasi Safety Riding Dengan SMK N 2 Pontianak Bahaya Di Jalan Dapat Diatasi Dengan #Cari_Aman
Webinar Edukasi Safety Riding Dengan SMK N 2 Pontianak Bahaya Di Jalan Dapat Diatasi Dengan #Cari_Aman


Astra Motor Kalimantan Barat melakukan edukasi safety riding dengan tema Bahaya Di Jalan Dapat Diatasi Dengan #Cari_Aman melalui webinar terhadap siswa/i SMK N 2 di Pontianak, dalam edukasi Astra Motor Kalimantan Barat memberikan tips bagaimana menjaga keselamatan dan kenyamanan dengan prespektif baru yaitu #Cari_Aman. Hashtag #Cari_Aman sendiri merupakan tagline keselamatan ala Honda yang dimana memberikan arti peduli akan keselamatan berkendara dan harus menjadi gaya hidup.
Mengutamakan kesehatan saat melakukan edukasi safety riding saat ini, Honda Kalbar tak hilang akal untuk bisa melakukan edukasi secara tepat sasaran terhadap siswa yang berada di Kalimantan Barat. Dengan memberikan edukasi yang menarik lebih dari satu kelas siswa berkonsentrasi dengan harapan mampu memahami ilmu dari keselamatan berkendara.
Dengan menggunakan aplikasi meeting online honda kalbar dapat melakukan edukasi dengan baik terhadap pesertanya, dengan memberikan hadiah pulsa terhadap siswa yang aktif dalam edukasi memberikan daya tarik sendiri pada siswa yang ikut edukasi untuk tetap aktif bertanya, menjawab dan memperatikan edukasi.

Febri Andrian yang merupakan Instruktur Safety Riding Kalimantan Barat mengungkapkan dalam memprediksi bahaya dijalan kita dapat mempelajari pengetahuan dasar faktor kecelakaan yang biasa terjadi di jalan. “untuk mengehindari bahaya yang berada di jalan kita mampu menghindarinya jika kita tau faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan seperti faktor pengendara, faktor kendaraan, dan faktor kondisi medan jalan. Semua faktor ini dapat dipelajari saat edukasi Safety Riding.” tutur Febri.

Pentingya Pelatihan Safety Riding
Pelatihan safety riding adalah sebuah pelatihan yang diadakan untuk mengenalkan bagaimana cara berkendara yang baik dan benar, dalam rangka untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara, khusunya sepeda motor.
Umumnya orang yang belajar sepeda motor itu dengan cara otodidak, asalkan sudah bisa gas dan rem, maka kalian sudah menganggap kalian sudah mahir dalam mengendarai sepeda motor. Nah, di pelatihan safety riding ini biasanya kalian akan diajarkan bagaimana teknik berkendara yang baik baik secara teori maupun praktek. Bagaimana cara menyeimbangkan diri, bagaimana cara melakukan pengereman yang baik, bagaimana cara untuk berbelok dengan baik, dan lain sebagainya.
Oke, agar lebih jelas langsung saja kita lihat pentingnya pelatihan safety riding secara lebih rinci berikut ini.

  1. Mempelajari Teknik Dasar Berkendara Sepeda Motor Yang Baik dan Benar
    Dengan mengikuti pelatihan safety riding ini Anda akan belajar bagaimana teknik – teknik berkendara menggunakan sepeda motor yang baik dan benar. Dengan teknik berkendara yang benar kita akan lebih nyaman dan aman dalam berkendara.
    Dan dengan teknik yang benar Anda akan lebih responsif, dan pergerakan Anda dalam berkendara juga akan menjadi lebih mudah saat melaju di atas kendaraan. Selain itu teknik berkendara yang benar juga akan mengurangi Anda dari rasa lelah berkendara, yang berarti kita bisa lebih lama dalam berkendara.
  2. Mengetahui Rambu Lalu Lintas
    Jujur saja mungkin diantara kalian masih ada yang belum sadar akan pentingnya rambu lalu lintas ini. Jika dirasa aman tidak ada kendaraan melintas maka Anda tinggal tancap gas saja. Nah, itu tindakan yang salah ya. Pelatihan safety riding ini tentunya akan menjadikan Anda lebih berpengetahuan mengenai rambu lalu lintas lebih jauh.
  3. Sangat Berguna Di Kehidupan Sehari – hari
    Pelatihan safety riding ini akan berguna untuk kehidupan sehari – hari karena ilmu yang diberikan sangat praktikal dan juga memang harus dipraktekan lebih jauh untuk bisa menguasainya dengan baik. Ada banyak materi seperti keseimbangan, pengereman, berbelok, dan juga menggunakan perlengkapan standar untuk berkendara.
    Semua yang Anda dapatkan dari pelatihan safety riding ini sangat banyak mulai dari keseimbangan dalam berkendara yang akan diajarkan melewati papan sempit (narrow plank) yang berfungsi untuk melatih keseimbangan. Hal ini akan sangat berguna apabila menghadapi situasi jalanan yang macet.
    Kemudian ada pelatihan Braking, yang merupakan sebuah teknik pengereman yang efektif dan juga aman. Dengan pengereman ini maka Anda akan lebih bisa menggunakan rem dengan cara yang aman dan juga efektif, sehingga tidak akan membahayakan diri Anda dan juga pengguna jalan lainnya.
    Jadi, bisa disimpulkan kalau pelatihan safety riding ini adalah hal yang penting. Kalau di tempat Anda ada kegiatan safety riding, jangan ragu untuk mengikuti kegiatan yang diadakan, karena saat mengikuti pelatihan safety riding ini akan sangat berguna bagi Anda dan juga keselamatan Anda dalam berkendara.

Post Author: Dony Prayudi

Tukang jalan dan tukang makan yang selalu menuliskan ide besar di blognya dan mengabadikan gambar lewat mata kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *