Astra Motor edukasi Cari Aman dengan Postur Berkendara

Pada hari Sabtu tepatnya 26 Juni 2021 Astra Motor Kalimantan Barat bersama SMK N 7 Pontianak melakukan edukasi Safety Riding. Berdiskusi terkait keselamatan berkendara yang menjadi point utama dalam pertemuan kali ini, edukasi yang seru dan nyaman melalui aplikasi meeting online memberikan keamanan ketika berbagi informasi tentang keselamatan berkendara.

Astra Motor edukasi Cari Aman dengan Postur Berkendara
Astra Motor edukasi Cari Aman dengan Postur Berkendara

Sosialisasi yang dilakukan Astra Motor Kalimantan Barat merupakan kegiatan yang memberikan padangan luas terhadap pengguna sepeda motor terkait keselamatan berkendara, yang sedari awalnya diantara mereka menganggap bahwa menggunakan riding gear membuat gerah, susah bergerak hingga tidak keren dirumah pandangannya bahwa menggunakan riding gear itu aman dan keren atau Safety and Style.
Edukasi Safety Riding yang diberikan ialah bagaimana postur berkendara aman dan nyaman yang disampaikan oleh Prastya Agusta selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat. Banyak keseruan didalamnya, dari mulai sesi tanya jawab bersama peserta dan Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan edukasi safety riding yang diberikan kepada pengguna sepeda motor terutama untuk siswa untuk membuat mereka perduli terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain ketika berkendara dengan postur berkendara yang aman dan nyaman, “Astra Motor Kalimantan Barat memberikan edukasi Safety Riding kepadda siswa terkait keselamatan berkendara dengan postur berkendara yang aman dan nyaman” Tuturnya.

Saat musim hujan pengendara sepeda motor wajib tetap menjaga keselamatan berkendara. Saya mempunyai tips yang dapat digunakan oleh bikers kala memacu sepeda motor di tengah kondisi hujan.

Berikut tips berkendara cari aman sepeda motor saat hujan :

Pengendara
1. Persiapkan jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan, model setelan (atasan dan bawahan), disarankan untuk menggunakannya saat hujan karena dengan jenis ini tidak ada bagian yang berkibar sehingga lebih aman untuk diri sendiri dan pengendara lain.
2. Disarankan menggunakan helm dengan visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara.
3. Gunakan sepatu anti air / karet, tidak disarankan menggunakan sandal agar perlindungan kaki lebih maksimal.
4. Hindari melakukan pengereman secara mendadak dan keras karena saat kondisi hujan cengkeraman ban ke jalan berkurang.
5. Jaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar karena saat hujan membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang.
6. Disarankan menggunakan perlengkapan berkendara yang berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain sehingga ikut mendukung keselamatan berkendara.

Kendaraan
1. Ban dalam kondisi baik (tidak gundul), memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah selip.
2. Area penting tidak terbuka (saringan udara, CVT area) supaya motor tidak mudah mogok atau rusak.
3. Kondisi rem baik atau pakem.
4. Semua lampu dalam keadaan baik (lampu depan, sein, rem, senja) agar mudah terlihat oleh pengendara lain karena cuaca gelap membuat pencahayaan berkurang.
5. Lingkungan / Cuaca
6. Kenali kondisi jalan (rusak, lubang, banjir) agar terhindar dari potensi bahaya saat melewati area tresebut.
7. Jika hujan lebat dan mengganggu jarak pandang sebaiknya menepi di jalur yang aman dan tetap mematuhi rambu-rambu yang ada.
8. Jika kondisi sudah gerimis sebaiknya menggunakan jas hujan jangan menunggu hujan deras.
9. Jangan mendadak jika menepi untuk menggunakan jas hujan untuk menghindari bahaya misalnya tertabrak oleh pengendara yang di belakang.
10. Jika terdapat genangan air yang cukup tinggi disarankan tidak memaksa untuk melewati atau menerobos, karena akan mengganggu kinerja mesin motor.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *