Astra Motor Gelar Aksi Donor Darah

Wujudkan kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat, Astra Motor Kalimantan Barat sebagai Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Kalbar menggalang aksi donor darah (27/10). Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Pontianak, aksi ini dilaksanakan di gedung Main Dealer Astra Motor Kalbar dengan tetap menggunakan standar protokol kesehatan yang ketat dan pengecekan kesehatan peserta sebelum mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08:00 pagi hingga selesai. Bersama karyawan Astra Motor dan Rekan Media dengan total pendonor berhasil sebanyak puluhan orang.

Astra Motor Gelar Aksi Donor Darah
Astra Motor Gelar Aksi Donor Darah

Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Astra Motor Kalbar selama tiga bulan sekali, ini juga merupakan wujud kepedulian sekaligus melaksanakan salah satu Catur Dharma Astra yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Kepala Wilayah Astra Motor Kalimantan Barat Lukas Ferinata menjelaskan bahwa, kegiatan donor darah ini digelar secara rutin dan ini merupakan kegiatan ke-3 ditahun ini oleh Astra Motor selain itu kegiatan ini sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan segenap management karyawan Astra Motor terhadap sesama. “Donor darah menjadi salah satu aksi sederhana namun sangat bermakna karena disaat kita dapat menunjukkan kepedulian kepada sesama kita yang membutuhkan darah. Semoga melalui kegiatan ini, ada banyak masyarakat yang dapat terbantu nantinya”. Ungkap Lukas.

Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh relawan yang telah berpartisipasi dan mensukseskan kegiatan donor darah kali ini. Semoga darah yang terkumpul dapat mendukung ketersediaan stok darah PMI Pontianak. Semoga ini menjadi amal dan bermanfaat bagi Sesama. Tutup Lukas.

Membantu hidup orang lain. Satu kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa. Membantu menurunkan berat badan. Membantu membakar kalori. Tak perlu panik, “Setelah melakukan donor darah, tubuh (lewat sumsum tulang belakang) akan bekerja untuk mengganti kehilangan darah yang terjadi. Donor darah akan menstimulasi produksi sel darah merah yang baru, sehingga membantu menjaga kesehatan tubuh Anda,”

Rajin mendonorkan darah kira-kira mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen. Enggak cuma itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil.

Kegiatan donor darah bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali. Ini karena, usia sel darah merah umumnya berkisar 100-120 hari. Melalui PERMENKES 91 Tahun 2015 interval waktu sejak donor darah terakhir minimal 2 bulan. Pada wanita, interval yang dianjurkan adalah 16 minggu sejak donor terakhir.

Efek samping donor darah adalah pusing atau sakit kepala ringan, pendarahan di area tusuk, memar dan nyeri serta merasa lemas atau kelelahan. Setelah donor darah Anda disarankan untuk minum lebih banyak, menghindari aktivitas fisik yang berat, dan perbanyak konsumsi makanan kaya zat besi.

Saat pengambilan darah, jarum steril akan dimasukkan ke pembuluh darah vena pada lengan Anda. Donor darah umumnya berlangsung selama 5–10 menit dan jumlah darah yang diambil setidaknya 470 ml.

Beredar mitos pada masyarakat tentang donor darah yang dapat menyebabkan berat badan bertambah atau menjadi gemuk. Faktanya, dilansir dari hellosehat.com bahwa Berat badan bertambah ketika kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas lebih sedikit daripada kalori yang masuk dari asupan makanan.

Apakah dengan Donor Darah dapat menyehatkan? Ya, Bila seseorang mendonorkan darahnya, tubuhnya akan menggantikan volume darah dalam waktu 48 jam setelah donor, dan semua sel darah merah yang hilang akan benar-benar diganti dalam waktu empat sampai delapan minggu dengan sel-sel darah merah yang baru.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *