Astra Motor Kalimantan Barat membangkitkan semangat Cari Aman

Pada hari Jumat tepatnya tanggal 26 November 2021 Astra Motor Kalimantan Barat bersama Paguyuban Ikatan Astrea Grand Indonesia Kalimantan Barat melakukan Edukasi Safety Riding kepada Riders-Riders untuk meningkatkan semangat perjuangan #Cari_aman dikalangan pengendara sepeda motor.

 

Astra Motor Kalimantan Barat bersama Paguyuban IKAGI Kalimantan Barat bersama-sama melakukan edukasi Safety Riding daya meningkatkan Semangat Perjuangan Cari Aman agar pengguna sepeda motor selalu mengutamakan keselamatan ketika berkendara. Banyak dari Riders yang aktif dalam berdiskusi.

Edukasi yang diberikan berupa kepedulian terhadap diri sendiri dan orang lain dalam mengutamakan keselamatan, kemampuan dasar dalam berkendara, dan konsep-konsep dari #Cari_Aman. Dari semua edukasi yang diberikan riders-riders sangat paham terbukti dengan hasil nilai post test yang telah dilaksanakan bernilai tinggi-tinggi.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan kepeduliannya terhadap riders-riders untuk tetap #Cari_Aman ketika berkendara menggunakan motor,”Kami selaku pelopor keselamatan berkendara Honda selalu peduli terhadap riders-riders untuk tetap #Cari_Aman kekita berkenara saat menggunakan motor.”, Tuturnya.

Siapa sih yang mau kena tilang? Bahkan biasanya beberapa orang sangat menghindari dan takut dengan polisi lalu lintas karena takut kena tilang. Hal itu bukan tanpa alasan, karena beberapa orang ini tidak memiliki kelengkapan surat dan tidak mengenakan perlengkapan berkendara sesuai dengan aturan yang diberlakukan.

Pada kenyataannya, ada banyak faktor yang mempengaruhi seorang pengendara motor kena tilang. Tidak melulu karena tidak memiliki surat yang lengkap ataupun tidak menggunakan perlengkapan berkendara, beberapa diantaranya karena memang orang tersebut telah melakukan pelanggaran lalu lintas.

Nah, bagi Anda yang sehari-harinya berkendara menggunakan sepeda motor dan ingin terhindar dari tilangan polisi. Berikut ini kami akan memberikan tips aman berkendara agar tidak kena tilang. Apa saja kira-kira tipsnya? Simak artikel selengkapnya berikut ini.

1. Bawa Kelengkapan Surat
Surat kendaraan bermotor yaitu SIM dan STNK menjadi salah satu kelengkapan surat yang penting untuk selalu dibawa saat berkendara. Terutama jika Anda hendak pergi melewati jalan raya, wajib untuk membawa kelengkapan surat motor. Cukup dengan membawa SIM dan STNK, jika terdapat razia di jalan raya, Anda tidak perlu menghindar ataupun takut karena Polisi tidak akan menilang Anda apabila Anda memiliki kelengkapan surat kendaraan.

2. Gunakan Perlengkapan Berkendara Yang SesuaiTips yang kedua agar tidak kena tilang adalah gunakan perlengkapan berkendara yang sesuai dengan peraturan. Pastikan Anda menggunakan helm SNI/ Standar Nasional Indonesia. Menggunakan helm yang tidak memenuhi standar juga salah satu faktor Anda dikenai tilang saat berkendara.

3. Tidak Memodifikasi Motor Secara Berlebihan
Beberapa motor yang sengaja di modifikasi juga menjadi alasan polisi untuk menilang. Salah satu jenis modifikasi motor yang sering ditilang polisi adalah knalpot motor yang di modifikasi sehingga menimbulkan suara yang berisik. Selain itu, modifikasi yang merubah dimensi, mesin, warna, dan kerangka motor juga bisa menjadi alasan Anda terkena tilang, lho. Jadi, jika Anda memang mau memodifikasi motor pastikan untuk mengikuti kriteria yang sesuai dengan peraturan lalu lintas.

4. Hindari Berboncengan Lebih Dari 2 Orang Dewasa
Terkadang pengendara masih ada yang berbonceng lebih dari dua orang dewasa. Hal ini dianggap melanggar hukum, sehingga tidak heran jika mereka dijadikan sasaran bagi polisi dan dikenai surat tilang. Sebab, selain melanggar aturan, berboncengan lebih dari dua orang dewasa juga membahayakan keselamatan dan meresahkan pengendara lainnya.

5. Mentaati Peraturan Lalu Lintas

Sudah sepatutnya kita sebagai pengendara harus mematuhi peraturan lalu lintas. Beberapa simbol rambu lalu lintas tentu sudah pengendara ketahui apa arti dari masing-masing simbol. Sehingga penting bagi Anda untuk memahami pentingnya mentaati peraturan lalu lintas, bukan hanya untuk keselamatan Anda, namun juga keselamatan orang lain.

Melanggar peraturan lalu lintas sudah dipastikan akan kena tilang dari polisi. Jadi, jika Anda tidak ingin terkena tilang dari polisi, sebaiknya jangan coba-coba untuk melanggar peraturannya ya.

Nah, demikianlah tadi beberapa tips aman berkendara motor yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari tilang. peraturan lalu lintas dibuat untuk mengutamakan keselamatan masyarakat. Sehingga, jika Anda ingin berkendara dengan selamat sampai tujuan lebih baik taati peraturan yang ada dan jangan sekali-kali mencoba melanggar peraturan yang ada. Karena jika sudah kena tilang, tentu Anda harus mengurusnya.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.