Bangga Menjadi Generasi #Cari_aman

Pada hari Jumat tepatnya tanggal 19 Agustus 2022 Astra Motor Kalimantan Barat mengajak SMA N 3 Pontianak untuk mengikuti Edukasi Safety Riding secara online. Edukasi yang diberikan adalah konsep dari #Cari_aman dengan keseruan diskusi tentang keselamatan berkendara.

Bangga Menjadi Generasi #Cari_aman
Bangga Menjadi Generasi #Cari_aman

Edukasi Safety Riding diberikan untuk para siswa adalah edukasi kepedulian terhadap diri sendiri dan kepedulian terhadap orang lain dalam berkendara secara aman, yang dimana para siswa diberikan informasi bahwa dengan mengerti konsep #Cari_aman tentunya siswa akan peduli tentang keselamatan berkendara.

Konsep #Cari_aman sendiri adalah konsep memakai perlengkapan berkendara secara aman dan dengan gaya, yang mematahkan konsep kalau menggunakan perlengkapan berkendara secara lengkap itu ribet, gerah, dan tidak keren.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan kepeduliannya kepada pelajar di Kalimantan Barat untuk paham konsep #Cari_aman agar aman saat berkendara dan tetap dengan gaya,”Kami pelopor Keselamatan berkendara #Cari_aman ingin seluruh pelajar di Kalimantan Barat paham dan dapat menerapkannya.”, tuturnya.

Mengapa kita harus ber sopan santun dalam berkendaraan di jalan?
Tujuan etika berkendara adalah untuk menghormati, menghargai dan menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. Saat ini, kebanyakan pemakai jalan jarang yang punya motto ‘sedia payung sebelum hujan’. Biasanya kehujanan dulu baru pakai payung. Nah, demikian pula dengan pengendara sepeda motor yang belum beretika

Cara Aman Berkendara
1. Waspada Saat Di lampu Lalu Lintas.
2. Waspada Saat Melintas Didekat Mobil.
3. Waspada Saat Melintas Didekat Mobil Yang Berhenti.
4. Waspada Saat Berkendara Disamping Mobil Disisi Dalam Tikungan.
5. Jangan Mendahului Mobil Yang Tidak Aman.
6. Waspada Saat Melintas Diantara Mobil Dalam Antrean.

Etika berlalu lintas adalah tingkah laku para pemakai jalan dalam melaksanakan Undang-undang dan peraturan-peraturan lalu lintas serta norma-norma sopan santun antara sesama pemakai jalan.

Jangan lupa tata tertib lalu lintas dibuat dengan tujuan, agar seluruh pengendara dapat sampai tujuan dengan selamat. Untuk itu, sebaiknya kamu wajib perhatikan rambu-rambu yang berlaku. Rambu-rambu lalu lintas memang difungsikan untuk memandu pengguna jalan raya. Supaya tetap aman dan selamat sampai tujuan.

Tanpa adanya Etika Berlalu Lintas, maka pengemudi akan mengemudi seenaknya sendiri tanpa mempedulikan keselamatan orang lain, lalu lintas dijalan akan berjalan semrawut, sehingga rawan terjadi kecelakaan, sarta akan terjadi kemacetan parah.

Keselamatan lalu lintas bertujuan untuk menurunkan korban kecelakaan lalu-lintas di jalan. Jumlah korban kecelakaan lalu lintas jauh lebih tinggi dari kecelakaan transportasi laut, kereta api dan udara.

Apa akibatnya jika kita tidak taat lalu lintas?
1. bisa saja terjadi kecelakaan lalu lintas yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain.
2. menimbulkan lalu lintas menjadi tidak tertib.
3. Kenyamanan para pengendara maupun pejalan kaki menjadi terganggu. Dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas sehingga menghambat perjalanan

Selain faktor pengemudi, faktor kendaraan seperti kondisi mesin, rem, lampu, ban, dan muatan bisa menjadi penyebab kecelakaan, demikian halnya faktor cuaca berupa kondisi hujan, kabut, atau asap

Manfaat mematuhi aturan lalu lintas yaitu Menjaga keselamatan di jalan raya. Menjaga ketertiban di jalan raya. Mencegah terjadinya kemacetan.Dengan berkonsentrasi dan memperhatikan kondisi jalan secara baik kita akan menjadi lebih aman dalam berkendara. Dengan emosi tentunya akan merugikan kamu sendiri bro, secara kamu akan kehilangan konsentrasi kamu saat berkendara yang bisa menyebabkan hal buruk akan bisa terjadi.

Berkendara adalah sebuah aktifitas yang sangat rumit. Bukan karena kesulitannya, namun karena ketidak-pastian akan keselamatan yang selalu menghantui pengguna jalan. Oleh karena itu kewaspadaan saat berkendara harus tetap jadi yang nomor satu ketika di jalan. Karena walaupun kita berkendara secara benar, terkadang ada aja orang yang berkendara dengan sembrono dan dapat merugikan kita.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.