Bangga Menjadi Generasi #Cari_aman

Astra Motor Kalimantan Barat bersama Paguyuban HWBC melakukan seminar online terkait keselamatan berkendara pada hari selasa tepatnya tanggal 28 Juni 2022. Seminar Online ini bertema Bangga Menjadi Generasi #Cari_aman yang dimana tema ini bertujuan agar komunitas bangga dan tetap terus memplopori keselamatan berkendara secara #Cari_aman, berbagai Komunitas di bawah naungan Paguyuban HWBC ikut meramaikan dengan mengirimkan perwakilannya untuk berdiskusi terkait keselamatan berkendara.

Bangga Menjadi Generasi #Cari_aman
Bangga Menjadi Generasi #Cari_aman

Astra Motor Kalimantan Barat sendiri memiliki Instruktur Safety Riding yang telah tersertifikasi oleh PT Astra Honda Motor dan tentunya mampu membimbing komunitas agar aman dan nyaman ketika berkendara menggunakan sepeda motor.

Febri Andrian selaku Instruktur Safety Riding dari Astra Motor Kalimantan Barat memberikan pelatihan #Cari_aman ketika berkendara memiliki point penting yang dimana #Cari_aman sendiri merupakan perspektif baru dari keselamatan berkendara, mengusung generasi baru yang paham keselamatan berkendara yang mengutamakan keamanan dan gaya.

Seminar Online atau Webinar Edukasi Safety Riding ini memberikan pelatihan seperti kepedulian kepada diri sendiri dan orang lain ketika berkendara, faktor-faktor terjadinya kecelakaan, dan memprediksi bahaya ketika berada di jalan. Dari pelatihan ini Astra Motor Kalimantan Barat berharap peserta edukasi mampu memahami dan mengimplementasikan #Cari_aman ketika berkendara.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan harapanya kepada komunitas Honda di bawah naungan Paguyuban HWBC mampu memahami dan menerapakan #Cari_aman ketika berkendara,”Kami Astra Motor Kalimantan Barat berharap agar komunitas Honda mampu menerapkan #Cari_aman ketika berkendara yang membuat mereka aman dan nyaman ketika berkendara.”, tuturnya.

Mengingat, kasus kriminalitas di Indonesia cukuplah tinggi, ini ada beberapa tips #Cari_aman yang bisa dilakukan.

Nah, untuk menghindari pencurian tersebut, kamu bisa menggunakan beberapa cara serta memberikan perangkat tambahan seperti yang tertulis pada artikel berikut ini:

Kunci stang ke arah kanan
Kamu pasti terbiasa mengunci stang motor kamu ke arah kiri, kan? Padahal, kamu bisa mendapatkan keamanan yang lebih terjamin jika kamu mengunci stang motormu ke arah kanan. Mengapa demikian?

Dengan mengunci stang ke arah kanan, ruang gerak kunci T yang biasa digunakan oleh para pelaku pencurian motor akan memiliki ruang gerak yang lebih sempit sehingga menambah lama waktu dan sulit bagi dia untuk membobolnya.

Berikan pengaman tambahan
Selain mengandalkan kunci stang dari sepeda motormu, kamu bisa menambahkan pengaman tambahan di motor kamu. Kamu bisa menambahkan gembok yang sulit dibobol dan kuat di sepeda motormu.

Gembok ini bisa dipasang di cakram bagian depan ataupun belakang. Bahkan, jika ingin lebih aman, maka kamu bisa memasangnya di kedua cakram motor kamu. Kamu bisa menggunakan gembok baja maupun gembok kode sehingga membuat para pelaku pencurian kesulitan saat membobolnya.

Pasang alarm dan stiker
Kamu bisa juga memasang stiker khusus yang mudah dikenali bahwa itu sepeda motormu. Hal ini bertujuan agar ketika terjadi pencurian, motormu dapat dengan mudah dikenali.

Selain itu, kamu juga bisa memasang alarm pada motor kamu. Alarm ini bertujuan untuk memberitahu kamu kalau motormu sedang dicuri. Pemasangan alarm bisa kamu lakukan di bengkel-bengkel resmi sepeda motormu.

Pasang GPS Tracker
Selanjutnya ada GPS Tracker yang bisa kamu pasang pada kendaraan roda duamu untuk mengantisipasi pencurian motor. Dengan memasang alat ini, kamu bisa mengetahui atau melacak di mana letak sepeda motormu saat dibawa oleh pencuri.

Cukup dengan melihat posisinya melalui telepon atau komputer, kamu bisa langsung mencaritahu letak sepeda motormu sesaat setelah dicuri.

Cabut Kabel Busi
Cara yang satu ini mungkin cukup rumit namun terbilang sangat ampuh untuk menghindari pencurian motor yakni ialah melepas kabel busi. Ketika kabel busi dilepas, motor tidak akan menyala meskipun kunci kontak sudah terpasang dan coba dinyalakan.

Trik ini sangat efektif karena biasanya pencuri akan secepat mungkin melakukan aksinya agar tidak ketahuan. Ketika motor tidak mau menyala, pencuri akan panik dan berpotensi operasinya gagal sangat besar.

Hanya saja kamu perlu menyembunyikan kabel businya setelah dilepas agar pelaku pencurian tidak mengetahuinya. Untuk itu, pastikan kamu meletakkan kabel busi di tempat yang tersembunyi dan tidak diketahui orang lain, ya!

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.