Bangkitkan Semangat Cari Aman Bersama Astra Motor Kalimantan Barat

Pada hari Jumat tepatnya tanggal 26 November 2021 Astra Motor Kalimantan Barat bersama perusahaan Media CV. Victory Digital Media di Pontianak melakukan Edukasi Safety Riding kepada Karyawan-karyawan untuk meningkatkan semangat perjuangan #Cari_aman dikalangan pengendara sepeda motor.

 

Astra Motor Kalimantan Barat bersama perusahaan ini Barat bersama-sama melakukan edukasi Safety Riding daya meningkatkan Semangat Perjuangan Cari Aman agar pengguna sepeda motor selalu mengutamakan keselamatan ketika berkendara. Banyak dari karyawan yang aktif dalam berdiskusi.

Edukasi yang diberikan berupa kepedulian terhadap diri sendiri dan orang lain dalam mengutamakan keselamatan, kemampuan dasar dalam berkendara, dan konsep-konsep dari #Cari_Aman. Dari semua edukasi yang diberikan karyawan sangat paham terbukti dengan hasil nilai post test yang telah dilaksanakan bernilai tinggi-tinggi.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan kepeduliannya terhadap masyarakat untuk tetap #Cari_Aman ketika berkendara menggunakan motor,”Kami selaku pelopor keselamatan berkendara Honda selalu peduli terhadap masyarakat untuk tetap #Cari_Aman kekita berkenara saat menggunakan motor.”, Tuturnya.

Sepeda motor telah menjadi bagian dari gaya hidup dan identitas diri si pengendara. Beragam motor dengan konsep berbeda disuguhkan untuk menjawab semakin beragamnya karakter dan kebutuhan gaya hidup konsumen saat ini.

Disadari atau tidak, konsep tersebut ikut memengaruhi para pemotor dalam berbusana. Hal itu tercermin dari tampilan yang lebih stylish dan keren dengan busana sesuai karakter dan gaya hidupnya.

Di sisi lain, penggunaan perlengkapan berkendara pun bukan cuma sebagai alat pelindung saja, tapi sebagai langkah Cari_Aman untuk menunjang tampilan yang keren. Penggunaan helm, misalnya.

Diantara perlengkapan berkendara seperti jaket, sarung tangan dan sepatu, helm adalah perlengkapan berkendara paling diwajibkan. Saking wajibnya, penggunaannya diatur dalam undang-udang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat (8) yang berbunyi: “Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia.”

Sama seperti motor, si pelindung kepala inipun telah menjadi bagian dari gaya hidup pengendara yang tak terpisahkan.

Beragam pilihan helm dengan bentuk dan corak bisa dipilih sesuai karakter dan selera. Bahkan lebih dari itu, pemotor pun bisa menyesuaikan model helm dengan motornya agar bisa tampil lebih stylish dan keren. Karena tampil keren adalah hak setiap pengendara sepeda motor.

Tampilan keren akan semakin keren jika didukung dengan gaya berkendara yang mengutamakan keamanan dan selamatan, tak agresif dan menghormati hak pengguna jalan raya lainnya.

Konsep berkendara Cari_Aman saat ini memiliki pemahaman yang lebih luas. Tak sekedar berkendara aman, nyaman dan selamat, tapi berkaitan pula dengan penekanan konsumsi bahan bakar. Kok bisa ?

Sadar atau tidak, gaya berkendara Cari_Aman sangat memengaruhi terwujudnya konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Berikut adalah faktanya :

Cari_Aman Tak Berkendara Agresif

Gaya berkendara agresif membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Karena gaya berkendara ini cenderung lebih sering melakukan buka dan tutup gas secara spontan tak beraturan.

Buka dan tutup gas secara spontan tak beraturan membuat pergerakan dan manuver motor pun jadi tak beraturan pula. Selain berpotensi menimbulkan kecelakaan, tenaga yang dihasilkan dari pembakaran bensin di ruang bakar akan terbuang sia-sia.

Cari_Aman Dengan Kecepatan Konstan

Usahakan menjaga kecepatan konstan baik di putaran mesin rendah maupun tinggi. Mempertahankan kecepatan konstan di putaran mesin rendah akan mengurangi penggunaan rem. Karena pengereman setelah melakukan akselerasi membuat energy terbuang sia-sia. Jadi manfaatkan deselerasi putaran mesin dan lakukan pengereman secara perlahan.

Selain berimbas langsung pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit, berkendara dengan kecepatan konstan membuat motor lebih nyaman dan mudah dikendalikan..

Cari_Aman Dengan Sesuaikan Putaran Mesin

Penggunaan putaran mesin tinggi di situasi jalan padat jelas tak ada manfaatnya. Yang terjadi hanyalah suara raungan mesin terdengar lebih keras tapi motor bergerak lambat.

Cukup gunakan putaran mesin rendah saat jalan sedikit tersendat dan naikkan secara perlahan jika jalan mulai lancar.Selain tak membuang bensin dan tenaga secara percuma, raungan mesinnya pun tak mengganggu pengendara lain yang berpotensi menyulut keributan di jalan raya.

Cari_Aman Dengan Modifikasi Secara Wajar

Modifikasi motor secara berlebihan seperti mengganti ban melebihi batas yang dianjurkan membuat mesin bekerja lebih berat. Karena bobot bertambah dantahanan terhadap roda saat menggelinding akibat adanya gaya gesek antara roda dengan permukaan jalan jadi lebih besar.

Mesin yang bekerja lebih berat membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih banyak. Selain itu, modifikasi yang tak wajar pun akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan berkendara.

Cari_Aman Dengan Service Rutin

Melakukan service berkala di AHASS akan menjaga motor selalu dalam kondisi prima dan membuat proses pembakaran bahan bakar jadi lebih sempurna. Selain berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit, motor pun jadi lebih nyaman dan aman dikendarai.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.