BORNEO JAZZ FESTIVAL UNTUK MEMPROMOSIKAN PEMBERDAYAAN SOSIAL DAN MEMBANGUN BUDAYA JAZZ BERKELANJUTAN

Berdedikasi untuk mempromosikan keberlanjutan, berpijak pada lingkungan dan membangun ekosistem musik, seni dan budaya yang kohesif dalam masyarakat setempat, festival Borneo Jazz yang sangat dinanti akan memberdayakan masyarakat melalui platform pemberdayaan sosialnya seperti Borneo Jazz Talent Cari, Borneo Jazz FAB LAB, Proyek ECO DRUM JAM dan Proyek Eco Art.

Sharzede(left) with Hii (right) during the press conference earlier
Sharzede(left) with Hii (right) during the press conference earlier

Kegiatan Pra-Festival
Salah satu tujuan utama Borneo Jazz adalah membangun ekosistem wisata musik di Miri untuk mengangkat kota resor sebagai pusat budaya dan musik. Sejalan dengan tujuan Sarawak Tourism Board untuk mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, Borneo Jazz akan menyediakan lokakarya yang menyenangkan dan mendidik serta proyek ramah lingkungan sebelum festival.

1. Pencarian Bakat Borneo Jazz (1 April 2022 – 31 Mei 2022)
The Borneo Jazz Talent Search adalah sebuah platform untuk menyediakan musisi berusia antara 15 tahun ke atas dari seluruh Malaysia, yang ingin membuat bakat mereka dikenal di panggung dunia dengan kategori untuk kategori Jazz, DJ dan Open.

  • Kategori Jazz
    Hadiah pertama: RM5000
    Hadiah kedua: RM3000
    Hadiah ketiga: RM2000
  • Kategori Umum
    Hadiah: RM3500

Pemenang Borneo Jazz Talent Search 2022 tidak hanya akan memenangkan hadiah uang tunai, tetapi juga kesempatan untuk menghadiri MasterClass oleh band internasional pada 24 Juni di Miri, Sarawak, dan tampil di Borneo Jazz Festival pada 25 Juni.

2. Borneo Jazz FAB LAB (9 Mei – 18 Juni 2022)
Menyatukan musisi dari beragam latar belakang budaya untuk merayakan musik jazz dan memberdayakan masyarakat setempat, program residensi artis baru yang disebut FAB LAB akan menjadi lokakarya interaktif intensif selama enam minggu di Miri untuk 30 musisi mulai 9 Mei – 18 Juni 2022.

FAB LAB bertujuan untuk memberdayakan dan meramaikan musisi jelang festival Borneo Jazz melalui empat workshop, yaitu Music Appreciation – Listen and Make It Your Own; Metodologi – Bagaimana MERASA Bebas Memutar Musik; Rekayasa Suara- Jadikan Kedengarannya Bagus!; dan Modul Performa- Let’s Play.

FAB LAB akan dipimpin oleh dua (2) musisi internasional, Chris Stalk, seorang pemain saksofon, komposer dan arranger dari Perancis dan Jules Vulzor, seorang bassis, produser dan DJ dari Swiss.

3. Proyek ECO DRUM JAM (5 Juni 2022, 14:30 – 18:30)
ECO DRUM JAM adalah inisiatif ramah lingkungan dan program penjangkauan musik komunitas dengan Lewis Pragasam dan seniman FAB LAB di Coco Cabana untuk membuat drum unik dan instrumen perkusi dari daur ulang limbah dan untuk menghasilkan ketukan yang menyenangkan dari sesi drum komunitas sebagai awal Borneo Jazz Festival 2022.

Lokakarya Festival
1. Borneo Jazz FAB LAB / Masterclass Pencarian Bakat dengan Kelebihan:
(24 Juni, 14:00 – 15:45)
2. Kinerja Showcase Borneo Jazz FAB LAB / Talent Search:
(25 Juni, 16:00 – 17:30)
3. Workshop & Jam Eco Drum dengan Lewis Pragasam & Steve Thornton:
(26 Juni, 15:30 – 17:30)

Kegiatan Borneo Jazz Fringe (24-26 Juni, 08.00 – 17.30)

1. Proyek Seni Ramah Lingkungan
Proyek Instalasi Eco-Art bekerja sama dengan Dewan Kota Miri dan MYY Living Arts sebagai kelanjutan dari Kampanye Borneo Jazz Beat Plastik yang dimulai pada tahun 2019 sebagai bagian dari program festival Borneo Jazz ‘Pariwisata Bertanggung Jawab’ untuk mengubah Miri menjadi kota yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. kota yang ramah. Bertema ‘Trashing the Jungle’, ini adalah pengingat bahwa plastik yang membuat hidup kita nyaman juga mencekik dan mencemari lingkungan alam kita melalui tindakan kita sendiri. Tujuan dari proyek ramah lingkungan ini adalah untuk memanfaatkan kembali sampah plastik yang dapat didaur ulang dan membuat karya seni dengannya.

2. Pameran Kecapi Perahu Borneo
Pameran terdiri dari empat kecapi perahu berbeda dari pulau Kalimantan untuk dipamerkan secara fisik (Sape ting dua, Sundatang, Tapi, Kecapi). Lokakarya dan ceramah informatif oleh dua praktisi tentang proses dan bunyi kecapi perahu.

3. Gerakan Miri Sape – ‘Evolusi Sape’
Untuk pertama kalinya di Borneo Jazz Festival 2022 mendatang, kisah & evolusi Sape’ akan didramatisasi melalui instrumental Sape’ live yang dibawakan oleh seniman Sape’ profesional dari komunitas Gerakan Sape (Miri).

Dramatisasi instrumental Sape berdurasi 30 menit ini bertujuan untuk membawa penonton “melakukan perjalanan melalui perjalanan legendaris” dalam melihat sekilas awal & evolusi Borneo yang berharga & pernah dikenal sebagai instrumen “penyembuhan jiwa secara spiritual”. Diperkirakan antara 12 hingga 15 Master Sape’ muda & senior dari berbagai etnis asli akan secara kolektif menampilkan berbagai genre & lagu Sape.

Pertunjukan Gerakan Sape akan diatur oleh Mr Anderson Kalang & Mr Garry Sudom Raymond, yang merupakan salah satu pendiri KL Sape’ Collective (jaringan pertama seniman Sape yang berbasis di Kuala Lumpur sekitar pertengahan 2016).

4. Program Kesehatan (25-26 Juni)
Meditasi Matahari & Aliran Yoga Yin dengan Iringan Sape (8.00 – 09.30)
Eksperimen Sosial tentang Hubungan Manusia: Kontak Mata dalam Keheningan, Pekerjaan Cermin Bergabunglah dengan kami

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.