Ciptakan Gerenasi Cari Aman mulai dari sekarang

Pada hari Jumat tepatnya 17 September 2021 Astra Motor Kalimantan Barat melakukan edukasi safety riding kepada Siswa SMKN 9 Pontianak. Memberikan edukasi safety riding bagaimana agar cari aman dan menjadi generasi #Cari_Aman, dengan tema mengenal jenis-jenis standarisasi helm banyak dari peserta yang turut ikut dalam berdiskusi dengan seru terkait keselamatan berkendara hingga penyampaian pendapat mereka terhadap keselamatan berkendara.

Ciptakan Gerenasi Cari Aman mulai dari sekarang
Ciptakan Gerenasi Cari Aman mulai dari sekarang

Sosialisasi yang dilakukan Astra Motor Kalimantan Barat merupakan kegiatan yang memberikan padangan luas terhadap Siswa terkait keselamatan berkendara, yang sedari awalnya diantara mereka menganggap bahwa menggunakan riding gear membuat gerah, susah bergerak hingga tidak keren dirubah pandangannya bahwa menggunakan riding gear itu aman dan keren atau Safety and Style.

Edukasi Safety Riding yang diberikan ialah dengan tema mengenal jenis-jenis standarisasi helm yang disampaikan oleh Prastya Agusta selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat. Banyak keseruan didalamnya, dari mulai sesi tanya jawab bersama peserta dan Instruktor Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat hingga ujian yang menunjukan kepahamannya tentang Cari Aman ketika berkendara.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan edukasi safety riding yang diberikan kepada peserta Siswa SMKN 9 Pontianak untuk membuat mereka Cari Aman dengan edukasi yang bertema mengenal jenis-jenis standarisasi helm, “Astra Motor Kalimantan Barat memberikan edukasi Safety Riding kepada peserta edukasi agar mereka Cari_Aman terkait keselamatan berkendara dengan mengenal jenis-jenis standarisasi helm membuat dirinya dan orang lain tetap aman saat berkendara” Tuturnya.

Perbedaan Helm Karbon dan Helm Biasa Salah satu helm yang ditawarkan di pasaran saat ini adalah helm carbon, yang dianggap punya desain oke. Apa sih bedanya helm carbon dengan helm yang biasa? Sesuai namanya, perbedaan utama helm biasa dan carbon terletak pada bahan material yang digunakan.

Bahan karbon diketahui punya kekuatan yang sangat baik dan di saat bersamaan punya bobot ringan. Tentunya beda bahan dasar shell, untuk helm carbon menggunakan composit dan ABS. Effect-nya yang paling utama dari sisi bobot helm yang pasti lebih ringan helm berbahan dasar carbon composit daripada ABS, sehingga akan jauh lebih nyaman dipakai untuk yang carbon composit Karena bobot helmnya lebih ringan.

Ini perbedaan dasarnya Trend carbon saat ini memang lagi bagus bagusnya, maka dari itu pada bulan April 2021. Bagi pengendara motor, memakai helm saat berkendara wajib hukumnya. Selain pertimbangan keselamatan berkendara, penggunaan helm saat mengendarai motor juga diatur dalam undang-undang.

Hanya saja, hingga saat ini masih banyak pengendara motor yang memilih helm asal-asalan, tanpa memikirkan keselamatan dan standar yang sudah ditetapkan. Sebagai catatan saat ini sudah ada berbagai macam helm yang memiliki standar Nasional Indonesia (SNI), standar Department Of Transportation (DOT) dan standar Economic Commision for Europe (ECE).di Indonesia, sehingga pemilihan helm yang tepat menjadi hal yang wajib dilakukan.

Helm merupakan perlengkapan safety utama yang harus dikenakan bikers setiap kali berkendara. Selain untuk melindungi kepala, helm berfungsi untuk melindungi mata dari terpaan angin. Nah, masalahnya kadang masih ada bikers yang bingung memilih antara helm full face atau helm half face.

Lalu gimana solusinya? Pertama-tama kita harus tahu dahulu perbedaan kedua jenis helm tersebut. Sesuai namanya, helm half face adalah jenis helm yang memiliki perlindungan kokoh di bagian kepala, sementara area muka hanya menggunakan kaca plastik, jadi wajah pengendara masih terlihat.

Helm half face lebih mudah dipakai dan dilepaskan, sehingga cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti belanja ke minimarket, berangkat kerja, main ke rumah teman atau sanak keluarga, mengantarkan anak ke sekolah dan aktivitas ringan lainnya. helm full face baik digunakan untuk riding berat, seperti touring atau melakukan perjalanan jarak jauh (antar kota), berkendara di tengah cuaca buruk (angin kencang, badai dan hujan), hingga untuk kebut-kebutan di arena sirkuit.

Sesuai namanya, helm full face merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan full, termasuk kepala dan wajah. Bahkan saat dikenakan, orang-orang mungkin tidak akan mengenali Anda. Makanya, demi mencegah kecurigaan, helm full face dilarang dipakai saat masuk ATM atau ketika berbelanja.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *