Edukasi SMKN 7 Pontianak, #Cari_Aman Saat Menyalip

Pada hari Kamis tepatnya tanggal 19 November 2020 Astra Motor Kalimantan Barat Edukasi safety riding Untuk Siswa dan Siswi SMK N 7 Pontianak dengan menggunakan sistem Webinar. Banyak pertanyaan dari peserta dalam cara menyalip yang aman dan diskusi ringan dalam berkendara yang seharusnya dilakukan serta kuis berhadiah.
Edukasi safety riding untuk bulan november ini di Kalimantan Barat untuk mendukung pengurangan tingkat kecelakaan di Indonesia Astra Motor Kalimantan Barat berkerja sama dengan Astra Honda Motor dalam mengedukasi masyarakat dari setiap rana sekolah, perusahaan, instansi, masyarakat umum, hingga komunitas Honda.

Edukasi SMKN 7 Pontianak dengan Tema #Cari_Aman Saat Menyalip
Edukasi SMKN 7 Pontianak dengan Tema #Cari_Aman Saat Menyalip


Edukasi yang dilakukan dengan cara Webinar Online ini menjadi pilihan terbaik agar penyampaian kepada peserta berjalan dengan baik dan untuk mendukung protokol kesehatan yang dihimbau oleh pemerintah. Dalam edukasinya Astra Motor Kalimantan Barat mengajak peserta untuk diajak berdiskusi berisi ilmu pengetahuan dasar tentang keamanan berkendara agar peserta selalu ingat dimanapun kita berada harus cari aman dan menjadi terbiasa dalam mengenal keamanan berkendara.
Antofany Yusticia yang merupakan Manager Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan dalam edukasi kali ini Astra Motor Kalimantan Barat mengangkat tema #Cari_Aman Saat Menyalip Untuk Siswa dan Siswi SMK N 7 Pontianak selalu ingat keselamatan berkendara Saat menyalip kendaraan lain “kita selaku pelopor Cari Aman saat berkendara bersama Astra Honda Motor berkerja sama dalam mengedukasi Siswa dan Siswi SMK N 7 Pontianak di Kalimantan Barat dengan tema pada kali ini dibulan november #Cari_Aman Saat Menyalip agar Siswa dan Siswi selalu berhati-hati dalam berkendara.” tutur Antofany Yusticia.

Berikut beberapa teknik menyalip kendaraan yang aman
Pastikan ada ruang di lajur kanan
Sebelum memutuskan untuk menyalip kendaraan yang ada di depan, pastikan bahwa ada ruang di lajur kanan. Hal ini untuk memastikan kendaraan bisa leluasa saat menyalip dan tidak berisiko terjadi senggolan yang bisa menyebabkan kecelakaan.
Jika dirasa tidak ada ruang di lajur kanan, sebaiknya tidak mencoba atau nekat untuk mendahului. Mengingat, tindakan tersebut bisa sangat berisiko. Tidak hanya bisa membahayakan pengendara sendiri tetapi juga pengendara lainnya.


Lihat pergerakan kendaraan lain

Selain memastikan ruang di lajur kanan, sebelum menyalip seorang pengendara juga wajib memperhatikan kendaraan dari berbagai sisi. Baik dari sisi depan, belakang maupun samping.
Hal ini cukup penting untuk memastikan saat menyalip bisa aman dan tidak menyenggol dengan kendaraan yang lain.


Menyalakan lampu isyarat
Menyalakan lampu isyarat atau sein kendaraan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh seorang pengendara sebelum menyalip kendaraan lain di depannya. Dengan menyalakan lampu sein ini memberikan petunjuk bagi pengendara lain jika ingin mendahului atau berbelok.
Dengan menyalakan lampu sein setidaknya bisa memberikan informasi kepada pengendara di depan maupun di belakang saat hendak menyalip.
Perhatikan rambu Berkendara di jalan raya pastilah wajib untuk memperhatikan rambu-rambu yang ada. Termasuk dengan keberadaan marka jalan juga harus diperhatikan. Jika ingin menyalip kendaraan, jangan sampai melanggar marka yang ada. Mengingat, tidak sedikit pengendara yang nekat melanggar marka hanya untuk bisa menyalip kendaraan. Padahal, marka yang sudah dibuat tentunya sudah diperhitungkan dari sisi keselamatan dan keamanan pengendara saat melintasinya. Maka dari itu, bagi pengendara yang ingin menyalip harusnya memperhatikan tanda atau marka jalan.

Jangan memaksakan menyalip

Berkendara di jalan raya tidak sedikit yang tersulut emosi dan ingin cepat bisa menyalip. Padahal, ruang di lajur kanan tidak mencukupi untuk manuver kendaraan saat menyalip. Kondisi ini tentunya akan sangat berbahaya bagi pengendara karena bisa menyebabkan kecelakaan. Maka dari itu, wajib bagi seorang pengendara untuk memperhatikan tanda-tanda yang kadang diberikan oleh pengendara kendaraan di depannya.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *