Honda CB150X, Wajib Punya Bagi Pecinta Touring

Gelaran GIIAS 2021 turut diramaikan hadirnya motor petualang kelas pemula, Honda CB150X. Kehadirannya pun membuat banyak khalayak kepincut.

Honda CB150X telah masuk ke Pasar Indonesia. Motor dengan tampilan gagah ini bakal menjadi primadona kaum pria. Honda CB150X sudah diniagakan di diler resmi Honda. Motor touring adventure ini berkekuatan150cc. Desainnya yang unik dan macho, serta mesin yang cukup bertenaga membuat motor ini mendapat sorotan.

Pecinta touring pasti bahagia karena kedatangan motor baru yang bisa mengakomodasi hobinya itu. Ya, lewat Honda CB150X 2022, tak perlu repot lagi modifikasi motor jadi lebih jangkung, pakai suspensi depan panjang, hingga merombak posisi setang jadi lebih tinggi dan lebar. Honda optimistis dengan CB150X apalagi motor ini menyasar segmen motor sport touring untuk kelas pemula.

Bisa dibilang, inilah motor entry level pertama di Indonesia bertemakan petualang. Harganya juga lebih terjangkau dari Honda ADV150 dan CRF150L. Pabrikan melepas ke pasaran dengan banderol Rp 32,950 juta dan Rp 33,450 juta untuk varian edisi spesial.

Bedanya tidak banyak, cuma beberapa unsur kosmetika yang jadi diferensiasinya. Selebihnya, Honda CB150X dibangun dari basis Honda CB150R Streetfire, maka jangan heran apabila keduanya punya kemiripan baik dari jantung mekanis, detail bentuk lampu, transmisi, maupun aspek teknis lain.

1. Harga
Berbekal bodi kekar ala moge plus sederet fitur unik, motor ini disebut-sebut siap mengaspal dengan kisaran harga Rp 32-35 jutaan.

2. Tiada tanding
Faktanya, Honda CB150X merupakan satu-satunya motor bergenre adventure yang hadir di tanah air dengan kapasitas mesin sekitar 150cc.
Kalau bicara mengenai motor off-road, mungkin sudah ada yang lain, seperti KLX150 atau WR155, namun jika merujuk pada motor adventure? Sebelumnya di Indonesia baru ada Kawasaki Versys ataupun Viar Vortex, itupun dengan mesin 250cc.

3. Punya kemiripan dengan Honda CB150R
Namanya juga saudara sepabrik, terdapat garis desain identik yang bisa dibilang ‘Honda banget’, seperti pada bagian reflektor lampu depan yang mirip CB150R, ataupun stop lamp yang desainnya juga tak jauh beda. Hanya saja untuk bagian area tangki, barulah Honda CB150X menyajikan banyak perbedaan.

4. Fitur
Selain suspensi upside down dan hadirnya penutup mesin khas motor adventure, kendaraan yang satu ini juga dibubuhi dengan wind shield cukup tinggi untuk mengurangi efek tabrakan dengan angin yang dialami pengendara, serta panel instrumen full digital yang menguatkan kesan modern pada motor ini.

5. Mesin
Tenaga Honda CB150X belum diketahui secara pasti hingga saat ini, namun dilihat dari kapasitasnya yang sama persis dengan CBR150R ataupun CB150R, plus konfigurasi DOHC 4 katup yang mirip, tenaganya tentu tak akan jauh beda dari dua saudaranya tersebut.

Perlu diketahui bahwa Honda CB150R punya tenaga 12,4 kW dan torsi 13,8 Nm, sementara CBR150R punya tenaga 12,6 kW dengan torsi 14,4 Nm

Secara umum ulasan kelebihannya ini berkutat pada feeling berkendara menyangkut aspek kestabilan, bantingan suspensi serta karakter dapur pacu hingga tenaga yang dikeluarkan. Berkat penggunaan ban tapak lebar, serta kombinasi ayunan suspensi yang lembut menghasilkan racikan handling yang stabil nan licah. Rasanya mudah meliuk-liuk di tikungan kecil. Meskipun secara dimensi bentuknya tinggi, rasanya percaya diri untuk membuatnya merebah.

Selain itu karena penyematan setang yang lebar, membuat Honda CB150X jadi lebih mudah dikendalikan. Feeling-nya nurut dan ringan. Selepas melibas tikungan kemudian langsung ngegas, suspensinya tidak langsung jengat, sehingga posisi duduk tetap nyaman. Satu kata yang menggambarkan motor ini: lincah!

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.