Jadikan Siswa SMK N 1 Sungai Kakap Generasi #Cari_aman

Pada hari selasa tepatnya tanggal 27 September 2022 Astra Motor Kalimantan Barat bersama SMK N 1 Sungai Kakap melakukan edukasi Safety Riding kepada siswa-siswa. Memberikan pemahaman akan #Cari_aman ke siswa, diskusi #Cari_aman juga menjadi point keseruan dalam edukasi safety riding ini karena siswa dapat bertanya dan berdiskusi akan keselamatan berkendara.

Jadikan Siswa SMK N 1 Sungai Kakap Generasi #Cari_aman
Jadikan Siswa SMK N 1 Sungai Kakap Generasi #Cari_aman

Edukasi yang dilaksanakan secara langsung ini membuat siswa bertambah semangat karena kedatangan Instruktur Safety Riding dari Astra Motor Kalimantan Barat. Edukasi yang diberikan diantaranya adalah kepedulian diri sendiri dan kepedulian kepada orang lain dalam berkendara, paham perlengkapan berkendara, dan memprediksi bahaya ketika berada dijalan.

Diskusi #Cari_aman menjadi sesi paling disukai oleh para siswa karena dapat bertanya dan berdiskusi tentang keselamatan berkendara. Bertanya tentang keselamatan berkendara dengan #Cari_aman, pengalaman ketika berada dijalan dan lain-lain.

Antofany Yustucia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan Edukasi yang diberikan kemasyarakat tentang keselamatan berkendara adalah keselamatan berkendara dengan prespektif baru yang dimana tentunya sesuai dengan generasi muda #Cari_aman Safety and Style,”Kami Astra Motor Kalimantan Barat mengedukasi masyarakat tentang keselamatan berkendara dengan prespektif baru yang mengutamakan keselamatan dengan kesesuai generasi muda dan keseruan #Cari_aman.”, tuturnya.

Ada lagi tips saat selesai berkegiatan seperti touring. Keseruan touring bersama teman-teman lokal pasti seru banget. Banyak orang rela menempuh jarak puluhan bahkan ratusan kilometer untuk bertemu teman-teman lokal. Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi untuk kegiatan sesaat tersebut.

Setelah menempuh banyak aktivitas dan jarak yang jauh, berikut beberapa tips #Cari_aman dari Technical Service Department PT Astra Honda Motor (AHM) agar motor kesayangan Anda tetap dalam kondisi prima.

1. Cuci sepeda Anda

Tidak dapat disangkal bahwa setelah sepeda dikendarai dalam jarak jauh, kotoran cenderung menumpuk di bodywork dan di area yang sulit dijangkau seperti bagian bawah sepeda motor dan sekitar mesin. Disarankan untuk segera mencuci agar kulit tidak menempel pada sepeda motor Anda. Pertama bilas semua bagian sepeda motor untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk, lalu bersihkan semua bagian sepeda motor dengan sabun khusus sepeda motor dan spons lembut. Gunakan kuas untuk area yang sulit dijangkau. Kemudian bilas motor dengan air bersih dan lap kering.

2. Ganti oli

Setelah perjalanan panjang, kami merekomendasikan penggantian oli untuk menjaga performa sepeda Anda tetap maksimal. Sebaiknya ganti oli mesin setiap 4.000 km atau sesuai jadwal di buku servis. Selain oli mesin, oli yang diuji adalah oli transmisi, terutama pada kendaraan dengan transmisi otomatis. Di sisi lain, interval penggantian oli otomatis adalah setiap 8.000 km, setiap dua tahun.

3. Periksa filter udara

Perjalanan jauh menumpuk banyak kotoran dan debu pada sepeda motor Anda, termasuk filter udara. Kondisi filter udara yang kotor mengurangi tenaga mesin dan boros bahan bakar.

Jika filter udara sangat kotor, periksa dan ganti dengan yang baru. Penggantian dilakukan setiap 12.000 km. Jika sepeda motor digunakan dalam kondisi basah atau berdebu, sebaiknya lebih sering diperiksa.

4. Pemeriksaan busi

Busi harus diperiksa setiap 4000 km dan diganti setiap 8000 km. Jika busi masih dalam kondisi baik, bersihkan sendiri busi. Namun, jika ada tanda-tanda masalah sekecil apa pun pada busi, sebaiknya diganti dengan busi pabrik yang baru.

5. Rem masih berfungsi dengan baik

Sebagai pengatur kecepatan sepeda motor, rem memegang peranan penting terutama dalam hal keselamatan. Intensitas pengereman yang tinggi dalam jarak jauh dengan cepat membuat rem haus. Terutama kampas rem yang mulai aus. Jika bantalan rem Anda menunjukkan tanda-tanda keausan, segera ganti dengan yang baru. Namun, jika kampas rem masih dalam kondisi baik, sebaiknya dibersihkan agar kotoran dan pasir tidak menghalangi area pengereman.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *