Komunitas CBR di Kalimantan Barat Bersatu mendukung Race WSBK dan ATC

Astra Motor Kalimantan Barat bersama PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak Komunitas Honda CBR yang berada di Kalimantan Barat yang diantaranya HCI (Honda CBR Independent, CBW (CBR West Borneo), dan CCI (CBR Club Indonesia) Chapter Pontianak dalam rangkaian kegiatan “Mandalika World Superbike 2021” pada 19 – 21 November 2021. Rangkain kegiatan berlangsung mulai dari kegiatan Virtual Meet and GreatSunday Morning Ride Community serta nonton bareng untuk mendukung para pebalap muda binaan Astra Honda Motor (AHM) di ajang Asia Talent Cup (ATC) 2021 yang berlangsung di Circuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (20 dan 21/11).

Diawali dengan kegiatan Meet and Great pada 19 November 2021, 10 orang Anggota Honda CBR Independet mendapat kesempatan emas mengikuti Virtual Meet and Great bersama dua pebalap Honda kelas dunia yang tampil di ajang World Superbike (WSBK) 2021 yakni Alvaro Bautista dan Leon Haslam. Selain itu para peserta juga bersapa langsung sekaligus memberi semangat empat pebalap muda Indonesia Binaan AHM yang balapan di ATC yakni Fadillah Arbi Aditama, Azryan Dheyo Wahyumaniadi, Herlian Dandi dan Herjun Atna Firdaus yang berlaga di ajang ATC 2021.

Rangkaian kegiatan pun berlanjut pada 21 November 2021. Sebelum memulai nonton bareng gelaran balap, sebanyak 20 bikers dari komunitas CBR150R dan CBR250RR melaksanakan touring Sunday Morning Ride. Para peserta melaksanakan Rolling City dari Main Dealer Astra Motor Kalimantan Barat dengan melewati Tugu Khatulistiwa yang menjadi ikon kota daerah dan selesai di Warung Kopi Upgrade yang menjadi lokasi nonton bareng gelaran ATC dan WSBK. Dalam berkendara sepeda motor di masa pandemi, para bikers Honda tetap mengikuti protokol kesehatan serta menggunakan Riding Gear.

Selama mengikuti kegiatan ini, para peserta protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Para bikers juga sudah divaksin dengan dosis lengkap serta melakukan swab antigen satu hari sebelum kegiatan.

Antofay Yusticia Ahmadi Selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan kebanggannya kepada Komunitas CBR yang ada di Kalimantan Barat karena kekompakannya dan antusiasnya dalam mengikuti kegiatan, “Kami selaku Main Dealer Astra Motor Kalimantan Barat bangga dengan komunitas CBR yang berada di Kalimantan Barat kerana kekompakan dan antusiasnya dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kami”, Tuturnya.

Setelah dikomparasi, ternyata ada lima kelebihan Honda CBR150R 2021 yang tidak dipunya oleh lawan-lawannya? Kalau kamu penasaran, simak bahasan di bawah sampai habis:

  1. Suspensi Upside Down

Kelebihan Honda CBR150R 2021 sudah menggunakan suspensi upside down berdiameter 37 mm. Alhasil tampilannya terlihat lebih gagah dan sporty dibanding model lama. Kemudian upside down juga bisa memberikan kestabilan lebih baik saat bermanuver pada kecepatan tinggi.

Suspensi upside down disebut sebagai kelebihan, lantaran ada kompetitor yang belum mengenakannya yaitu Suzuki GSX-R150. Motor 150cc Suzuki itu masih mengandalkan teleskopik. Walau memang untuk rival lainnya, Yamaha R15 sudah pula mengaplikasikan suspensi bergaya terbalik seperti halnya All New CBR150R.

  1. Jok Paling Rendah

Posisi jok rendah disebut sebagai kelebihan Honda CBR150R 2021 lantaran memudahkan kaki pengendara berpostur tidak terlalu tinggi, lebih mudah menapak ke aspal. Tentu ini bakal meningkatkan rasa percaya diri ketika berkendara di kemacetan, terlebih buat para pemula.

Kemudian untuk dimensi bodinya, CBR150R anyar juga termasuk yang paling ramping. Spesifikasi lebar cuma 700 mm seperti halnya Suzuki GSX-R150. Ditambah lagi ukuran ban tidak terlalu lebar, depan 100/80-17 inci di depan dan 130/70-17 di belakang.

Dengan begitu, motor masih sangat nyaman ketika diajak selap-selip di kepadatan jalan. Bandingkan dengan Yamaha R15 yang lebih gemuk, karena memiliki lebar 725 mm.

  1. Fitur Keselamatan ABS

Soal fitur keselamatan, All New Honda CBR150R juga termasuk yang cukup mumpuni. Motor sport ini sudah melengkapi diri dengan anti-lock braking system (ABS) dual channel. Fitur serupa juga dipunya oleh GSX-R150, namun belum ada di R15.

Oleh karenanya, ABS disebut sebagai kelebihan Honda CBR150R 2021. Guna ABS untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Alhasil pengendara jadi bisa menghindar dari potensi kecelakaan di depan.

  1. Emergency Stop Signal Merupakan Kelebihan Honda CBR150R

Kelebihan Honda CBR150R 2021 berikutnya adalah punya emergency stop signal (ESS). Fitur tersebut tidak dimiliki Yamaha R15 dan Suzuki GSX-R150.

Guna ESS adalah memberikan sinyal lampu hazard secara otomatis saat ABS bekerja. Dengan nyalanya lampu, diharapkan pengendara belakang bisa mendapat peringatan untuk menghindar dari tabrakan.

Fitur ESS di All New CBR150R mampu mengedipkan lampu hazard sebanyak 4 kali dalam satu detik. Meski begitu, tidak setiap pengereman mendadak akan mengaktifkan fitur ESS. Ada beberapa kondisi yang perlu dipenuhi, salah satunya kecepatan motor lebih dari 50 Kpj.

  1. Assist & Slipper Clutch

Kini All New Honda CBR150R dilengkapi dengan fitur assist & slipper clutch. Guna assist clutch untuk menjadikan kopling terasa lebih ringan 15 persen dibanding kopling konvensional. Efeknya tentu menjadikan berkendara lebih rileks, terutama ketika di kemacetan.

Assist & Slipper Clutch disebut sebagai kelebihan Honda CBR150R 2021, lantaran tidak semua rivalnya punya. Suzuki GSX-R150 belum memiliki.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.