Komunitas Honda CBR Independent Semangat untuk #Cari_Aman

Pada hari Kamis tepatnya tanggal 16 Desember 2021 Astra Motor Kalimantan Barat bersama komunitas Honda CBR Independent (HCI) di Pontianak melakukan Edukasi Safety Riding kepada member-member komunitas untuk meningkatkan semangat perjuangan #Cari_aman dikalangan pengendara sepeda motor.

 

Astra Motor Kalimantan Barat bersama komunitas ini bersama-sama melakukan edukasi Safety Riding daya meningkatkan Semangat Perjuangan Cari Aman agar pengguna sepeda motor selalu mengutamakan keselamatan ketika berkendara. Banyak dari member yang aktif dalam berdiskusi.

Edukasi yang diberikan berupa kepedulian terhadap diri sendiri dan orang lain dalam mengutamakan keselamatan, kemampuan dasar dalam berkendara, dan konsep-konsep dari #Cari_Aman. Dari semua edukasi yang diberikan, komunitas sangat paham dengan #Cari_Aman terbukti dari hasil nilai post test yang telah dilaksanakan bernilai tinggi-tinggi.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan kepeduliannya terhadap masyarakat untuk tetap #Cari_Aman ketika berkendara menggunakan motor,”Kami selaku pelopor keselamatan berkendara Honda selalu peduli terhadap Komunitas untuk tetap #Cari_Aman kekita berkendara saat menggunakan motor.”, Tuturnya.

Nah pada kesempatan kali ini kita ingin membahas tentang bagaimana cara menjaga suhu mesin motor agar tidak cepat panas, penasaran seperti apa? simak dibawah ini.

• Rutin Ganti Oli
Semua pastinya sudah paham ya, jika oli ini memiliki peranan penting untuk mesin. Dimana oli tersebut berguna sebagai pelumas guna menetralisir gaya gesekan antara komponen yang bisa jadi menyebabkan kerusakan nantinya.
Selain itu, oli juga memiliki fungsi untuk mengontrol suhu didalam ruang mesin tersebut. Dengan rajin mengganti oli, maka halini bisa membuat Mesin Motor jadi lebih awet dan bisa bekerja secara optimal. Maka dari itu, periksakan kondisi motor secara teratur, terutama mengecek oli mesin.

• Pakai Oli Terbaik
Masih banyak pemilik motor yang kurang memahami soal pemilihan oli motor. Padahal pada buku petunjuk penggunaan oli untuk motor, sudah disertakan mengenai jenis maupun tipe oli yang dianjurkan untuk mesin motor tersebut. Dengan menggunakan oli yang direkomendasikan, maka bisa membantu mesin bisa bekerja secara optimal.

• Stel Kerapatan Piston
Posisi piston didalam silinder yang terlalu rapat ternyata akan membuat seher dan piston tidak akan bisa bererak secara bebas, dan hal ini bisa menyebabkan terhambatnya saluran pelumasan oli. Dan jika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan jika kondisi mesin motor bakal mengalami cepat panas.

Dan hal yang sama, juga bisa menyebabkan piston bisa merusak blok mesin nanti. Dan jika setelan piston ini tidak sesuai, maka lebih baik anda membawa motor ke bengkel resmi guna mendapatkan setelan yang sesuai dengan standar pabrik.

• Periksa Kinerja Pendingin
Taukah anda jika komponen didalam motor ini memiliki fungsi untuk mengalirkan udah melalui sirip-sirip radiator dan bisa juga mendinginkan suhu air radiator atau water coolant. Yang canggih, kipas radiator bakal berputar mengikuti intruksi dari sensor yang bisa mangabarkan apabila mesin mengalami kondisi panas yang berlebihan. Jika motor anda termasuk motor tua dan tidak memiliki kipas radiator, maka sebaiknya segera dipasang untuk membantu menstabilkan suhu yang ada didalam motor.

• Pastikan Cairan Pendingin Tercukupi
Seperti yang sempat disinggung diatas tadi, caira pendingin didalam mesin motor ini biasa disebut dengan istilah water coolant. Carian tersebut ini didistrubusikan dari radiator mesin yang fungsinya untuk mendinginkan mesin motor pada saat digunakan.
Kejadian yang sering kali terjadi ialah berkurangnya cairan pendingin tersebut, dan biasanya hal ini terjadi akibat tidak adanya control dari pengguna. Taukah anda, padahal mengecek air radiator ini merupakan hal penting lho, terlebih jika motor baru saja melakukan perjalanan jauh.

Jika sudah tahu informasi ini, jadi mulai sekarang jangan malas untuk melakukan pengecekan serta melakukan servis kendaraan, agar nantinya bisa awet dan tidak perlu bolak-balik ke bengkel nanti.

 

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.