Komunitas Scoopy Club Pontianak Menjadi Generasi #Cari_Aman

Pada hari Senin tepatnya 27 September 2021 Astra Motor Kalimantan Barat melakukan edukasi safety riding kepada Komunitas Scoopy Club Pontianak. Memberikan edukasi safety riding bagaimana agar cari aman dan menjadi generasi #Cari_Aman, dengan tema mengenal jenis-jenis standarisasi helm banyak dari peserta yang turut ikut dalam berdiskusi dengan seru terkait keselamatan berkendara hingga penyampaian pendapat mereka terhadap keselamatan berkendara.

Komunitas Scoopy Club Pontianak Menjadi Generasi #Cari_Aman
Komunitas Scoopy Club Pontianak Menjadi Generasi #Cari_Aman

Sosialisasi yang dilakukan Astra Motor Kalimantan Barat merupakan kegiatan yang memberikan padangan luas terhadap komunitas terkait keselamatan berkendara, yang sedari awalnya diantara mereka menganggap bahwa menggunakan riding gear membuat gerah, susah bergerak hingga tidak keren dirubah pandangannya bahwa menggunakan riding gear itu aman dan keren atau Safety and Style.

Edukasi Safety Riding yang diberikan ialah dengan tema mengenal jenis-jenis standarisasi helm yang disampaikan oleh Prastya Agusta selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat. Banyak keseruan didalamnya, dari mulai sesi tanya jawab bersama peserta dan Instruktor Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat hingga ujian yang menunjukan kepahamannya tentang Cari Aman ketika berkendara.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan edukasi safety riding yang diberikan kepada peserta Komunitas Scoopy Club Pontianak untuk membuat mereka Cari Aman dengan edukasi yang bertema mengenal jenis-jenis standarisasi helm, “Astra Motor Kalimantan Barat memberikan edukasi Safety Riding kepada peserta edukasi agar mereka Cari_Aman terkait keselamatan berkendara dengan mengenal jenis-jenis standarisasi helm membuat dirinya dan orang lain tetap aman saat berkendara” Tuturnya.

Helm merupakan perlengkapan berkendara yang wajib digunakan saat mengendarai sepeda motor. Alat ini memiliki peran dan fungsi vital dalam melindungi kepala dari benturan hingga melindungi kepala dari partikel asing yang ada di jalan raya. Helm sendiri pun tidak bisa sembarang dalam proses mendesainnya, helm harus mematuhi acuan yang telah dibuat oleh pemerintah melalui Standar Nasional Indonesia (SNI).

Helm yang telah tersertifikasi atau telah standar menurut SNI, akan memiliki logo SNI yang kerap kali berada di bagian belakang helm. Helm dengan standar SNI inilah yang disarankan untuk dipakai berkendara di jalan raya. Helm sendiri terdiri dari dua macam yakni helm half face dan helm full face dimana masing-masing dari helm ini mempunyai keunggulan masing-masing. Helm half face dirancang untuk pengendara jarak tempuh pendek/menengah karena helm half face ini memiliki keunggulan diantaranya sirkulasi udara yang lebih sejuk dan bobot helm yang relative ringan.

Sedangkan untuk helm full face, helm ini didesain untuk melindungi secara total untuk kepala pengendara hingga ke daerah dagu. Helm full face sangat relevan untuk digunakan dalam perjalanan menengah atau jauh. Pada saat berkendara kita perlu mengutamakan keamanan dan keselamatan. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam menjaga keamanan dan keselamatan.

Salah satunya yaitu dengan memakai helm yang berstandard SNI bagi pengendara kendaraan motor dan juga memakai seatbelt bagi pengendara kendaraan mobil.

Inilah alasan keharusan menggunakan helm yang berstandar SNI.

  1. Meminimalisir resiko yang berbahaya bagi pengendara, karena sudah dilengkapi dengan peredam benturan.
  2. Ukuran & berat helm yang pas, karena sudah diuji.
  3. Bahan yang digunakan lebih terjamin, tidak menyebabkan iritasi namun tidak mengurangi kemampuannya terhadap benturan.

Memilih helm itu harus yang udah terstandarisasi. SNI, DOT, ECE, SNELL adalah beberapa standarisasi helm yang ada di dunia, helm-helm yang sudah di standarisasi tentu saja sudah melewati beberapa tahap pengujian, seperti uji kekuatan menahan benturan, gesekan dan lainnya. H

elm – helm yang sudah di standarisasi SNI, DOT, ECE dan Snell tentu saja tidak hanya mengedepankan keamanan namun juga kenyamanan, sehingga pengendara akan merasa nyaman menggunakan helm tersebut. Jadi, apa aja sih kelebihan menggunakan helm yang sudah terstandarisasi?

  1. Air flow yang membuat sirkulasi udara di dalam helm lebih baik,
  2. Busa yang nyaman bisa mencegah terjadinya iritasi pada kulit wajah.
  3. Berat helm yang sudah disesuaikan sehingga tidak menyebabkan rasa tidak nyaman pada leher atau kepala.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *