Komunitas Vario Bersama Santri untuk Cari Aman

Pada hari Minggu kemarin tepatnya 20 Desember 2020 Komunitas Vario (VOC) Pontianak melakukan kunjungan ke pondok pesantren dan melalukan pemasangan plang nama pondok pesantren Mu’Tashim Billah Al Islam di Kota Pontianak dengan pesan #Cari_Aman. Astra Motor Kalimantan Barat mendukung penuh kunjungan komunitas Vario Owner Indonesia Pontianak dengan menyampaikan pesan #Cari_aman dari Komunitas Vario (VOC) Pontianak dengan memadukannya dengan plang nama pondok pesantren putri di Pondok pesantren Mu Tashim Billah Al Islam di Kota Pontianak.

Komunitas Vario Bersama Santri untuk Cari Aman
Komunitas Vario Bersama Santri untuk Cari Aman


Tidak ketinggalan kegiatan yang digelar oleh komunitas Vario Owner Club Pontianak juga memberikan kesan untuk menyambut tahun baru di akhir tahun di tahun 2020 ini, dilanjutkan dengan kopdar bersama untuk melaksanakan kopdar dengan merundingkan kegiatan selanjutnya di tahun 2021.

Lukas Ferinata yang merupakan Kepala Wilayah Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan mendukung penuh kegiatan kunjungan ke pondok pesantren oleh komunitas Honda Vario Owner Indonesia Pontianak dengan melakukan pemasangan plang nama pondok pesantren putri di Pondok Pesantren Mu Tashim Billah Al Islam di Pontianak. “Astra Motor Kalimantan Barat mendukung kegiatan positif yang laksanakan oleh komunitas Honda Varii Owner Indonesia Pontianak dengan adanya kunjungan ini juga memberikan pesan #Cari_Aman dalam plang nama pondok pesantren putri” tuturnya.

Honda Vario (juga dikenal sebagai Honda Click di beberapa negara Asia Tenggara) adalah sebuah skuter bertransmisi otomatis yang diproduksi oleh Astra Honda Motor di Indonesia sejak tahun 2006. Skuter ini dimaksudkan untuk mengantisipasi makin banyaknya populasi skuter otomatis yang beredar di pasar sepeda motor Indonesia.Vario telah muncul dalam berbagai varian dengan kapasitas mesin mulai dari 108,0 cc (6,6 cu in) sampai 149,3 cc (9,1 cu in).
Vario, skuter matik pertama yang dibuat Astra Honda Motor di Indonesia. Kiprahnya sangat populer dengan konsumsi BBM efisien, model maskulin dan beberapa pilihan kapasitas mesin. Tapi jauh sebelum itu, ia memiliki perjalanan panjang sejak pertama kali mengaspal di 2006.

Vario 2006-2009

Kelahiran honda Vario 13 tahun silam, tak lain untuk melawan Yamaha Mio, yang kala itu menjadi raja matik di jalanan Indonesia. Mengingat penjualannya sangat besar, Honda perlu menghadirkan Vario dengan rancang bangun yang lebih menarik. Mengadaptasi lampu terpisah, garis bodi mengotak, serta dimensi yang lebih besar dari Mio. Otomatis, memberikan kesan maskulin pada motor. Para kaum lelaki yang merasa kekecilan naik Mio, jadi punya pilihan untuk beralih pada skuter matic pertama Honda ini.

Pada generasi awal, hanya disediakan satu pilihan mesin. Dibekali jantung pacu berkubikasi bersih 108 cc SOHC, dengan ukuran (Diameter x Langkah) 50 x 55mm. Kompresinya dibuat cukup padat pada rasio 10,7:1. Hasil dari spesifikasi mesin itu, memproduksi tenaga 8,99 PS di 8.000 rpm dan torsi 8,4 Nm pada 6.500 rpm. Sebetulnya biasa saja, yang membuatnya revolusioner adalah penyematan teknologi pendingin cairan yang belum diadaptasi rivalnya.

Vario Techno 2009-2013

Berselang tiga tahun, Honda merombak tampilan Vario yang terlihat jauh lebih modern. Headlamp model terpisah masih dipertahankan, namun garisnya lebih meruncing dan panjang ke atas. Bodi dan model stoplamp juga mengalami revisi. Proporsinya lebih enak dilihat ketimbang model sebelumnya. urusan pengereman, Honda mengenalkan teknologi Combi-Brake System (CBS) untuk pertama kalinya di generasi kedua. Maksud dari penyematan CBS, untuk memaksimalkan penahan laju. Sistem ini bekerja dengan memadukan rem depan dan belakang yang beraksi secara bersamaan. Caranya, cukup tarik tuas rem di sebelah kiri dan otomatis sistem bekerja. Menurut klaim Honda, ini sangat berpengaruh pada jarak pengereman yang lebih pendek.

Vario PGM-FI 2013-2015

Ubahan besar terjadi pada generasi ini, dan jelas mengubah segmentasi Honda Vario. Bukan pada bentuknya, melainkan sektor jantung pacu yang ditingkatkan. Tanpa menghilangkan varian 110 cc, Honda melengkapi motor ini dengan pilihan mesin lebih besar, 125 cc. Sistem suplai bensin juga diperbaharui dengan injeksi (PGM-FI). Racikan mesin baru berdampak pada performanya. Output tenaga mampu mencapai 11,3 PS di 8.500rpm dan torsi 10,7 Nm pada putaran 5.000 rpm. Meningkat jauh dari sebelumnya. Kapasitas tangki yang tadinya 3.6 liter, juga diperbesar menjadi 5.5 liter.

Vario eSP 2015-2018

Merespons ragam pilihan skuter matik 150 cc pabrikan lain, Honda kembali “mengeksploitasi” Vario dengan menambahkan varian 150. Ubahan tersimak pada bodi yang jauh lebih sangar, dengan aksen mengotak di setiap sisi. Headlampnya juga sudah dilengkapi LED pada setiap variannya. Khusus yang 150 cc dan 125 cc, bentuknya sama persis. Hanya dibedakan dengan pilihan warna. Kali ini, versi 110 cc dianaktirikan dengan bentuk yang berbeda sendiri.

All New Vario 2018

Meninggalkan adiknya yang bermesin 110 cc, All New Vario hanyalah varian 125 cc dan 150 cc. bentuknya cukup banyak berubah. Terutama penggunaan headlamp baru model bertingkat, yang membuat motor jauh terlihat modern. Sementara di bagian depan maupun belakang, sudah menggunakan bohlam LED dan memiliki DRL. Semua teknologi yang ada sebelumnya, tentu diwariskan pada generasi terbaru ini.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *