Meriahkan HUT PMI Ke-76, Astra Motor Dukung PMI Kota Pontianak

Astra Motor Kalimantan Barat sebagai Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Kalbar turut memeriahkan HUT Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-76 yang jatuh pada setiap tanggal 17 September. Rangkaian acara yang digelar oleh PMI kota Pontianak di laksanakan dari tanggal 18-19 September 2021 ini dibuka dengan sambutan dari Ketua PMI Pontianak sekaligus Wali Kota Pontianak Bapak Edi Kamtono.

Meriahkan HUT PMI Ke-76, Astra Motor Dukung PMI Kota Pontianak
Meriahkan HUT PMI Ke-76, Astra Motor Dukung PMI Kota Pontianak

Astra motor juga turut serta memberikan program menarik yakni setiap pendonor berhasil akan mendapatkan satu buah voucher diskon 50% untuk jasa service lengkap yang berlaku diseluruh AHASS di Kota Pontianak dan berlaku sampai dengan tanggal 31 Oktober 2021.

Selain memberikan voucher diskon 50% kepada pendonor berhasil, Astra Motor juga memberikan bingkisan kepada 3 kategori pendonor yang terpilih, yakni pendonor tertua yang diberikan kepada Bpk Haji Gunawan (69) sudah mendonor sebanyak 102 kali, pendonor termuda Agis (18) sudah mendonor sebanyak 3 kali, dan pendonor terbanyak Bpk Endi Nanong (64) yang sudah mendonor sebanyak 160 kali. Dalam wawancara bersama Bpk Endi Nanong, beliau mengatakan bahwa tidak tau akan mendapatkan penghargaan sebagai pendonor terbanyak dikarekan selama mendonor darah, dirinya tidak sadar sudah mendonor sebanyak 160 kali. “Saya pribadi berterimakasih kepada Astra Motor dan rekan-rekan dari PMI atas kerja kerasnya untuk mengsukseskan acara donor darah ini” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Astra Motor juga mengadakan lomba foto untuk pendonor di space photobooth yang telah disediakan. Caranya juga sangat gampang, cukup upload foto di feed Instagram dan buat caption semenarik mungkin. Juara 1 dengan caption terbaik akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp.300.000, juara ke 2 Rp. 200.000 dan juara ke 2 Rp. 100.000.

Kepala Wilayah Astra Motor Kalimantan Barat Lukas Ferinata mengatakan bahwa, , ditengah masa pandemi ini Astra Motor tetap turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial khususnya dalam perayaan HUT PMI ke-76. Dengan mengusung tema “Give Blood Give Life”. Tutup Lukas.

Ada Hal yang perlu diketahui tentang Donor Darah

Mengapa Kita Perlu Donor Darah ? Kebutuhan yang besar : Setiap delapan detik, ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Pemeriksaan kesehatan gratis : Sebelum mendonorkan darah, petugas akan memeriksa suhu tubuh, denyut nadi, tekanan darah dan kadar hemoglobin Anda. Tidak menyakitkan : Ya Anda memang akan merasa sakit. Namun, rasa sakit itu tidak seberapa dan akan hilang dengan cepat.

Kenapa Ketika Membutuhkan Darah Prosesnya Lama ? Proses permintaan darah transfusi di Palang Merah Indonesia (PMI) memerlukan proses “Crossmatch” yaitu uji serasi silang antara darah pasien dengan darah donor yang diberikan. Crossmatch ini bertujuan untuk melihat apakah darah pasien sesuai dengan darah donor sehingga tidak ada efek yang merugikan pasien transfusi darah tersebut.Secara keseluruhan darah pendonor baru siap diberikan kepada seseorang itu butuh waktu paling lama sekitar 3 jam

Apa Yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Donor ? Kita memerlukan tidur yang nyenyak di malam sebelum mendonor, sarapan pagi atau makan siang sebelum mendonor. Banyak minum seperti jus, susu sebelum mendonor. Rileks saat mendonor, dan banyak minum setelah mendonor. Kita bisa melanjutkan kegiatan setelah mendonor, asal hindari aktivitas fisik yang berat.

Mengapa Harus Bayar Saat Kita Butuh Darah dari PMI ? Biaya yang kita keluarkan perkantong darah sebenarnya adalah biaya penggantian pemeliharaan darah, supaya kondisinya tetap sama seperti saat berada dalam tubuh kita. Biaya ini yang kita kenal dgn nama “BPPD” atau Biaya Penggantian Pengelolaan Darah.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *