Semarak HUT Ke-52, Astra Motor Gelar Aksi Donor Darah

Wujudkan kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat, Astra Motor Kalimantan Barat selaku Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Kalbar menggalang aksi donor darah beberapa waktu lalu dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-52 Astra Motor (29/6).

 Semarak HUT Ke-52, Astra Motor Gelar Aksi Donor Darah
Semarak HUT Ke-52, Astra Motor Gelar Aksi Donor Darah

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Pontianak, aksi ini dilaksanakan di gedung Main Dealer Astra Motor Kalbar dengan tetap menggunakan standar protokol kesehatan yang ketat dan pengecekan kesehatan peserta sebelum mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08:00 pagi hingga selesai. Bersama karyawan Astra Motor, Rekan Media, Kodim, Komunitas dan masyarakat umum dengan total peserta sebanyak 117 orang. Bagi pendonor berhasil, akan mendapatkan bingkisan berupa sembako dari Astra Motor.

Kegiatan donor darah rutin dilaksanakan Astra Motor Kalbar, ini juga merupakan wujud kepedulian sekaligus melaksanakan salah satu Catur Dharma Astra yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Kepala Wilayah Astra Motor Kalimantan Barat Lukas Ferinata menjelaskan bahwa, kegiatan donor darah ini digelar guna menyemarakkan HUT Ake-52 Astra Motor yang jatuh pada tanggal 15 Juni 2022, digelar sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan segenap management karyawan Astra Motor terhadap sesama. “Donor darah menjadi salah satu aksi sederhana namun sangat bermakna karena disaat kita dapat menunjukkan kepedulian kepada sesama kita yang membutuhkan darah. Semoga melalui kegiatan ini, ada banyak masyarakat yang dapat terbantu nantinya dan selamat ulang tahun Astra Motor,” ujar Lukas.

Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh relawan yang telah berpartisipasi dalam aksi donor darah kali ini. Semoga darah yang terkumpul dapat mendukung ketersediaan stok darah PMI Pontianak. Semoga kita semua selalu diberkati dengan Kesehatan. Tutup Lukas.

Rajin mendonorkan darah kira-kira mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen. Enggak cuma itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil.

Donor darah bukanlah suatu kewajiban atau keharusan, namun jika dilakukan tentunya akan berdampak positif baik bagi pendonor mauapun penerima, terlebih lagi jika dilakukan secara rutin.

Rata-rata orang boleh melakukan donor darah setiap 3-4 bulan sekali dan maksimal 5 kali dalam 2 tahun. Palang Merah Indonesia (PMI) juga setuju dan mengatakan bahwa donor darah sebaiknya dilakukan rutin minimal tiga bulan sekali.

Biasanya, darah yang diambil sebanyak 480 mililiter. Pria boleh mendonorkan darahnya setiap 12 minggu (3 bulan) dan wanita dapat memberikan darahnya setiap 16 minggu (empat bulan)—maksimal 5 kali dalam 2 tahun—karena pria biasanya memiliki lebih banyak persediaan zat besi daripada wanita.

Lebih jauh lagi, penelitian pun membuktikan berbagai manfaat donor darah terhadap kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin (dengan jarak minimal 3 bulan).
1. Menjaga kesehatan jantung.
2. Meningkatkan produksi sel darah merah.
3. Mau turunkan berat badan?
4. Usir hipertensi.
5. Menurunkan risiko kanker.
6. Deteksi penyakit serius.

Menurut Palang Merah Indonesia (PMI), Orang yang mengidap atau memiliki riwayat hepatitis B dan C juga tidak diperbolehkan untuk melakukan donor darah. Sebab, kedua jenis hepatitis tersebut dapat menular melalui darah. Bahkan meski sudah dinyatakan sembuh, mereka tetap tidak boleh melakukan donor darah

Makanan yang baik dikonsumsi setelah melakukan donor darah adalah jeruk. Jeruk enggak hanya mengandung vitamin C, namun juga mengandung zat besi yang baik dikonsumsi setelah donor darah. Kedua kandungan tersebut dapat membantu menghilangkan rasa pusing setelah donor darah.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.