Seminar Safety Riding untuk Mahasiswa IAIN Pontianak

Pada hari senin tepatnya tanggak 26 September 2022 Astra Motor Kalimantan Barat melakukan edukasi Safety Riding kepada Mahasiswa di Kampus IAIN Pontianak, edukasi berjalan dengan lancar dengan ditemani Guest Star bernama ibu Sherli selaku Psikolog dan Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat. Banyak wawasan baru untuk mahasiswa yang baru akan #Cari_aman, yang membuat mereka lebih percaya diri menjadi pelopor keselamatan berkendara.

Seminar Safety Riding untuk Mahasiswa IAIN Pontianak
Seminar Safety Riding untuk Mahasiswa IAIN Pontianak

Edukasi yang dilaksanakan secara langsung ini yang diberikan oleh Astra Motor Kalimantan Barat bertujuan agar mahasiswa perduli terhadap diri sendiri dan kepada orang lain ketika berkendara, perlengkapan berkendara, hingga caranya memprediksi bahaya ketika berada di jalan.

Edukasi yang berisikan penyampaian materi dari dua narasumber ini memberikan dampak yang baik kepada mahasiswa dari Kampus IAIN Pontianak, dari membahas masalah stabilitas emosi dan #Cari_aman ketika berkendara. Diskusi #Cari_aman juga dilaksanakan, terungkaplah pertanyaan-pertanyaan dari peserta edukasi tentang keselamatan berkendara dan dibahas dalam forum diskusi #Cari_aman ini.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan akan bentuk kepeduliannya kepada masyarakat yang menggunakan sepeda motor agar selalu #Cari_aman ketika berkendara,”Kami Astra Motor Kalimantan Barat akan selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik salah satunya memberikan sosialisasi keselamatan berkendara #Cari_aman pada setiap kalangan.”, Tuturnya.

Mengemudi di jalan dengan tanjakan yang curam dan turunan yang curam sering kali menarik perhatian khusus. Kedua jalan ini tidak hanya membutuhkan kesadaran, tetapi juga keterampilan dan ketekunan. Pada dasarnya, mengendarai mobil matic dan mobil kopling itu berbeda. Sports bike dan cub bike dapat menggunakan engine brake dengan meletakkan sepeda di gigi 1 untuk memperlambat saat akan menuruni bukit.

Berikut tips #Cari_aman Honda untuk menggunakan sepeda motor menanjak dan menurun.

1. Tinjau dan konfirmasikan kendaraan mana yang akan digunakan
Mulai dari bahan bakar, oli, rantai, ban, kopling, rem, dan peralatan lainnya, kami melakukan pemeriksaan kendaraan bekas untuk menjaga performa kendaraan dan mengurangi kemungkinan kecelakaan terkait kendaraan.

2. Mengetahui kondisi rute yang akan dilalui
Periksa rute atau kondisi jalan Anda sehingga Anda dapat mengantisipasi berbagai jenis jalur yang akan Anda lewati. Pengendara sepeda motor dapat membuat jadwal dan rute untuk menghemat jarak, waktu, tenaga dan menghindari kemacetan lalu lintas.

3. Masukkan jejak
Saat mendekati tanjakan, Anda harus menyisakan ruang yang cukup bagi sepeda motor untuk berakselerasi melewati tanjakan. Perlambat secara bertahap saat Anda mendekati puncak jalan. Perhatikan kondisi jalan sebelum menanjak, buka gas sesaat sebelum menanjak untuk memanfaatkan akselerasi dan momentum. Lepaskan di ujung tanjakan.

4. Masuk ke jalan menurun
Saat menuruni bukit, kurangi kecepatan sebelum menuruni bukit, kurangi gas dan gunakan rem depan dan belakang untuk menjaga kecepatan. Jika Anda merasa rem Anda tidak bekerja secara efektif, jeda atau jeda saat menuruni jarak jauh agar rem depan dan belakang menjadi dingin.

5. Postur mengemudi yang benar
Saat menanjak, condongkan tubuh ke depan sehingga roda depan mencengkeram permukaan jalan, dan saat menurun, bersandar ke belakang.

6. Berhenti di lereng
Jika Anda perlu berhenti di lereng, Anda memerlukan konfigurasi rem belakang yang lebih besar. Ini membantu menahan dorongan ke belakang kendaraan. Hindari berdiri di belakang kendaraan besar seperti truk atau bus, tetapi jika Anda harus berdiri di belakang kendaraan besar, posisikan diri Anda di sisi kiri atau posisi paling aman di belakang Anda.

Dalam semua situasi, semua pengguna jalan harus mengetahui keterampilan mengemudi mereka, termasuk menanjak dan menurun. Hal ini diperlukan untuk menjaga keselamatan pengemudi dan orang-orang di sekitarnya serta dapat menerapkan etika #Cari_aman saat mengemudi.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *