Serunya Komunitas Honda CBR Independent di Kalimantan Barat

Pada tanggal 6 Oktober 2021 tepatnya hari rabu Astra Motor Kalimantan Barat bersama Komunitas Honda CBR Independent Kalimantan Barat rutin dalam melakukan Kopdar di Warung Kopi Update di Kota Pontianak. Dalam kopdar kali ini Komunitas HCI (Honda CBR Independent) membahas kegiatan dan perencanaan yang akan dilakukan kedepannya dengan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Serunya Komunitas Honda CBR Independent di Kalimantan Barat
Serunya Komunitas Honda CBR Independent di Kalimantan Barat

Kopi Darat atau yang biasanya disebut kopdar dilakukan secara rutin oleh komunitas HCI (Honda CBR Independent). Dimana dalam kopdar ini komunitas selalu menerapkan protokol kesehatan dikala pandemi walau suasana kota sudah mulai membaik. Kegiatan Kopdar ini biasanya dimulai dengan rapat bersama membahas hal-hal yang akan dilakukan kedepannya seperti membuat acara, lalu biasanya terdapat sesi foto-foto, membuat video, dan jalan-jalan keliling kota atau bisa disebut dengan night ride.

Komunitas HCI sendiri memiliki hoby dalam berkendara dan tentunya setiap member dibekali dengan pemahaman safety riding yang membuat mereka akan perduli terhadap keselamatan berkendara.

Antofany Yusticia Selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat Mengungkapkan Banyak pengalaman yang bisa didapatkan jika bergabung dengan suatu komunitas apabila komunitas itu memberi hal-hal yang positif, “ Di komunitas HCI inilah banyak sekali hal-hal positif yang bisa didapatkan. Banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa dijalani, semoga kedepannya bisa menjadi motivasi untuk komunitas motor lainnya dan masyarakat juga untuk selalu memberikan hal positif.”, Tuturnya.

Apa saja kelebihan Honda CBR

POSISI DUDUK

Posisi duduk cukup menunduk, badan agak condong ke depan dan kaki posisinya ke belakang dengan tangki yang lekukannya pas dijepit paha.

Posisi ini saat dipakai di sirkuit memang sangat cocok, pas saat menaklukkan tikungan.

Honda CBR150R 2021 menawarkan posisi berkendara yang sporty dan nyaman. Posisi badan menjadi agak condong ke depan, namun badan tetap terlihat tegap.

Posisi ini didapat berkat penyematan setang di atas segitiga atau biasa disebut upper yoke. Dengan posisi berkendara tersebut, motor ini lincah untuk bermanuver, namun tetap nyaman untuk berkendara harian.

HANDLING

Enggak hanya sangat nurut dan lincah ketika di sirkuit, di jalan raya juga asyik. Motor berbobot kosong 135 kg ini terasa mudah diarahkan.

Belum lagi dimensinya yang ramping dan radius belok setang lebar, sehingga mudah selap-selip. Tapi hati-hati dengan spionnya yang lebar, salah-salah bisa nyangkut spion mobil saat selap-selip.

Menikung kencang juga tetap stabil berkat rancangan sasis diamond teralis dipadu suspensi prolink dan ban lebar.

Mengikuti motor premium Honda lainnya, pada Honda CBR150R juga sudah dibekali dengan fitur ESS. Lampu sein kanan dan kiri akan menyala bersamaan ketika pengendara melakukan pengereman secara mendadak.

Dengan begitu, pengendara yang ada di belakang bisa lebih waspada saat melihat sinyal ESS menyala. Sehingga, dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan atau tabrakan dari belakang.

PERFORMA

Mesin baru dengan rancangan bore x stroke square (57,3 x 57,8 mm), karakternya lebih enak dipakai harian dibanding CBR150R lama yang overbore (63,5 x 47,2 mm).
Kenapa begitu? Karena torsi besar sejak putaran mesin rendah.

Sejak 4.000 rpm saja sudah nendang, makanya buka gas sedikit dorongan sudah kuat dan langsung ngacir.

Semakin digeber, putaran mesin dengan throttle body 30 mm ini akan cepat melesat sampai 9.500 rpm, tepatnya setelah peak power sebesar 14,77 dk di 9.200 rpm.

Setelah itu akan naik pelan dan mentok kena limiter di sekitar 10.800 rpm.

Yang jadi catatan positif mesin yang dipakai minim getaran dan suhunya tak terasa panas di kaki, extra fan juga jarang hidup.

Honda CBR150R 2021 sudah mengandalkan suspensi depan model upside down dengan tipe SFF BP keluaran Showa. Sekilas, suspensinya sama seperti yang digunakan pada Honda CBR250RR 2021.

Tapi, sebenarnya ada perbedaan antara kedua suspensi tersebut. Suspensi Honda CBR150R 2021 menggunakan big piston. Keduanya sama-sama bagus, hanya beda peruntukannya saja.

Suspensi depan Honda CBR150R 2021 menawarkan stabilitas pengereman yang lebih baik. Suspensinya cenderung digunakan untuk berkendara di aspal.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *