Siswa Siap #Cari_aman Ketika Berada di Jalan

Pada hari Jumat tepatnya tanggal 27 Mei 2022 Astra Motor Kalimantan Barat melakukan edukasi keselamatan berkendara untuk siswa-siswa SMK N 2 Pontianak secara Online melalui Platform Google Meet. Edukasi yang diberikan berupa pemahaman keselamatan berkendara yang membuat siswa harus aktif dalam edukasi tersebut. Banyak keseruan ketika edukasi memasuki sesi diskusi dikarenakan banyaknya pertanyaan siswa tentang keselamatan berkendara.

Siswa Siap #Cari_aman Ketika Berada di Jalan
Siswa Siap #Cari_aman Ketika Berada di Jalan

Edukasi yang diberikan kepada siswa bertujuan agar siswa siap ketika berada dijalan dengan #Cari_aman. Berharap siswa mampu meprediksi bahaya ketika berada dijalan Astar Motor Kalimantan Barat juga memberikan pemahaman untuk memprediksi bahaya dan menjelaskan tipe-tipe bahaya.

Antofay Yusticia Ahmadi selaku Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan harapannya kepada siswa-siswa di Kalimantan Barat paham tentang keselamatan berkendara dan #Cari_aman ketika berada dijalan,”Kami mengharapkan dengan adanya edukasi ini siswa paham tentang keselamatan berkendara dan selalu #Cari_aman ketika berada dijalan.”, Tuturnya.

Juga menjadi bagian dari Generasi #Cari_aman” yang menempatkan keselamatan sebagai prioritas utama dan menjadikan keselamatan berkendara menjadi bagian dari gaya hidup mereka.
Gak main-main sob, Honda sampai punya perangkat khusus buat kampanye #Cari_aman ini.

Ada riding simulator yang bisa kamu gunakan untuk latihan berkendara secara aman. Simulator yang tersedia gak cuma satu jenis, kamu bisa pilih berbagai jenis motor untuk simulasi, keren kan? Ada juga instruktur safety riding di jaringan dealer dan non dealer yang siap kasih kamu pelatihan. Pelatihan ini ternyata gak cuma untuk pengendara, Honda juga ajak berbagai kalangan untuk paham dan tertib aturan lalu lintas agar aman.

Saat membawa barang menggunakan sepeda motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan #Cari_aman agar berkendara tetap aman dan nyaman. Berikut adalah tips ketika membawa barang secara aman saat berkendara, yaitu:

1. Perhatikan berat barang bawaan
Pastikan Anda tidak mengangkut barang bawaan yang melebihi kapasitas atau standar kendaraan bermotor. Pada buku panduan pemilik sepeda motor, tercantum beban maksimal barang bawaan yang bisa ditampung oleh sebuah kendaraan. Untuk itu, perlu dicermati setiap informasi yang tercantum di dalamnya. Membawa barang bawaan terlalu berat dapat menyebabkan kondisi suspensi atau shockbreaker pada motor rusak. Selain itu, komponen mesin dan ban pun juga dapat terkena dampak dari hal ini.

2. Lebar barang tidak melebihi stang motor
Jika berkendara dengan membawa barang bawaan di depan, barang yang diangkut tersebut tidak boleh melebihi panjang dari stang kendaraan. Hal ini dikarenakan dapat mengurangi ruang gerak pengemudi dan berpotensi menyenggol pengguna jalan lain yang mengakibatkan kehilangan keseimbangan atau terjatuh.

3. Barang bawaan tidak melebihi tinggi pengemudi
Terakhir, pengendara motor juga harus memperhatikan dimensi barang bawaan tidak boleh lebih tinggi dari pengemudi. Sebab hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan ketika berkendara.

4. Ikat barang bawaan dengan kuat
Kondisi jalanan yang tak selalu mulus membuat barang bawaan kita berpotensi mengganggu keseimbangan atau bisa saja jatuh sewaktu-waktu. Untuk menghindari risiko tersebut, pengguna sepeda motor perlu memastikan telah mengikat barang tersebut dengan kuat pada motor.

5. Barang bawaan tidak menutupi lampu-lampu
Jika barang bawaan berada di belakang, perlu dipastikan bahwa barang tersebut tidak menutupi lampu sein dan lampu rem. Hal ini dikarenakan fungsi lampu sein dan lampu rem yang penting untuk menyampaikan informasi, sekaligus memberikan tanda pada pengendara di belakang ketika akan berbelok atau mengurangi kecepatan.

Tampilan keren akan semakin keren jika didukung dengan gaya berkendara yang mengutamakan keamanan dan selamatan, tak agresif dan menghormati hak pengguna jalan raya lainnya. Yuk #Cari_aman !

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.